Analisis Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV di SDN 125 Rejang Lebong

Aryani, Yulisti and Zulaiha, Siti and Meldina, Tika (2022) Analisis Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV di SDN 125 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Skripsi YULISTI ARYANI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran tematik di SDN 125 Rejang Lebong menjadi sebagian besar masalah yang dihadapi siswa dalam belajar karena kurang nya kemandirian siswa dalam melaksanakan pembelajaran tematik. Maka guru berupaya dalam menumbuhkan sikap kemandirian siswa agar kedepannya mereka tidak selalu bergantung kepada orang lain dalam belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran tematik kelas IV di SDN 125 Rejang Lebong dan untuk mengetahui bagaimana upaya guru menumbuhkan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran tematik di SDN 125 Rejang Lebong. Jenis penelitian ini yang digunakan ini bersifat kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Guru Kelas serta Siswa dan Siswi SDN 125 Rejang Lebong. Sumber data yang diperoleh berasal dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, alat bantu dan kesimpulan serta uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama, Kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran tematik kelas IV di SDN 125 Rejang Lebong, siswa sudah memiliki sikap kemandirian belajar dalam pembelajaran tematik. Terlihat ketika proses pembelajaran tematik sedang berlangsung siswa nampak percaya diri, disiplin dalam belajar, aktif dalam mengikuti pembelajaran dan bertanggung jawab dalam belajar. Kedua, upaya guru menumbuhkan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran tematik yaitu dengan memberikan motivasi dalam kegiatan belajar, guru melakukannya dengan bercerita, tanya jawab, teka-teki, memberikan contoh tentang kenyataan atau pengalaman yang terjadi dalam kehidupan. Guru menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dengan menggunakan metode yang bervariasi dan menggunakan sumber pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan, buku tema, internet dan alat peraga yang ada disekolah. Kata Kunci: Analisis, Kemandiriaan, Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Aryani, Yulistiaryanicurup308@gmail.com
Zulaiha, Sitilayesfakh0515@gmail.com
Meldina, Tikatikameldina@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 07 Mar 2023 04:28
Last Modified: 07 Mar 2023 04:28
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3115

Actions (login required)

View Item View Item