Arles, Ilmi Hartati and Mustar, Saidil and Wanto, Deri (2020) Makna Simbolik Tradisi Khatam Rayab Relevansi dengan Pendidikan Islam di Lembak Kecamatan Padang Ulak Tanding Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
Fulltext.pdf - Accepted Version Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesalahpahaman masyarakat Lembak terhadap terik Syekh Jalaludin untuk mengajak masyarakat Lembak masuk agama Islam. Syekh Jalaludin menggunakan sesaji (sedekah punjung kuning) adalah terik untuk mengumpulkan masyarakat menjadi saksi perdamaian tersebut. Masyarakat Lembak seakan menganggap penunggu kitab khatam rayab memakan sesaji yaitu sedekah punjung kuning maka penunggu kitab khatam rayab akan melaksanakan tugasnya menampakkan Mukjizat, padahal terik Syekh Jalaludin itu adalah terik mandi kambing kedalam sungai/lubuk yang dimaksud adalah orang yang akan memandikan kambing itu yang terjun kedalam sungai/lubuk terlebih dahulu baru kambingnya ditarik lalu dimandikan. Begitu juga terik Syekh Jalaludin sabung ayam ialah menarik hati masyarakat dengan tidak ada yang mampu mengalahkan ayam Syekh Jalaludin akhirnya masyarakat bertanya dan berguru kepadanya, terik Syekh Jalaludin terwujud berdatanglah masyarakat Lembak berguru pada Syekh Jalaludin. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui makna simbolik tradisi khatam rayab dan sejarah khatam rayab di Lembak. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (fied research) kualitatif. Teknik analisis data menurut Miles and Huberman mengemukakan bahwa aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh. Aktivitas dalam analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data,penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam tradisi Lembak yaitu sesaji punjung kuning dan perjudian sabung ayam, makna simbolik tradisi khatam rayab untuk efek jera. Khatam rayab adalah sebagai alat media untuk menyelesaikan masalah, bersumpah menggunakan khatam rayab bagi orang yang berbuat kejahatan seperti, pencuri, perkelahian, penganiayaan berat, pembunuhan. Jadi simbolik di Lembak yaitu khatam rayab dan sesaji punjung kuning. Dalam pendidikan Islam Q.S Al-Ma’idah Ayat 90 dan Q.S. Luqman 12-14 yaitu larangan menyekutukan Allah, mensyukuri nikmat Allah, dan etika. Nilai-nilai pendidikan Aqidah yang meliputi larangan menyekutukan Allah dan meyakini adanya tempat kembali, pendidikan akhlak mensyukuri nikmat Allah berbakti kepada kedua orang tua mengajarkan tentang etika bermasyarakat
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Mrs maisonah | ||||||||
Date Deposited: | 13 Mar 2023 04:26 | ||||||||
Last Modified: | 13 Mar 2023 04:26 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3114 |
Actions (login required)
View Item |