Penggunaan Media Permainan Congklak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Konsep Perkalian Pada Siswa Kelas Ii Sdn 30 Rejang Lebong

Dewi, Putri Chandra (2019) Penggunaan Media Permainan Congklak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Konsep Perkalian Pada Siswa Kelas Ii Sdn 30 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN CONGKLAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG KONSEP PE.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang karena peneliti ingin mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar matematika tentang konsep perkalian di kelas II SDN 30 Rejang Lebong, namun masih sebagian dari siswa yang belum dapat meningkatkan hasil belajarnya. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar menggunakan media congklak pada pembelajaran matematika tentang konsep dasar perkalian yang merupakan penjumlahan berulang, selain itu media ini juga dapat memudahkan siswa menyelesaikan permasalahan terkait perkalian yang mereka anggap rumit. Cara kerja media congklak ini sangat sederhana, untuk menyelesaikan soal perkalian, siswa hanya perlu memasukan biji congklak kedalam lobang dan menjumlahkan berapa banyaknya bji pada seluruh lobang. Pemnfaatan media congklak ini dalam proses pembelajaran matematika dikelas dapat menghilangkan kesan matematika yang rumit dan sulit dimengerti. Karena dengan memanfaatkan media ini siswa dapat secara langsung menggali pengetahuan dan keterampilan dalam berhitung, membuat materi yang abstrak menjadi kongkret, serta siswa senang belajar karena disamping itu juga mereka dapat bermain. Sehingga siswa jadi lebih muda dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan disetiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakkan, observasidan juga refleksi. Siklus berhenti ketika target keberhasilan telah tercapai. Instrument penggumpulan data yang di gunakan yaitu : Lembar tes hasil belajar, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan wawancara dengan guru kelas II. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar pada setiap siklusnya. Peningkatan tersebut di tunjukkan dengan nilai rata-rata pra siklus yaitu 51, 92, siklus I dengan nilai rata-rata 60,38 dan siklus II terjadi peningkatan dengan memperoleh nilai rata-rata 73,84. Maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan media congklak dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika tentang konsep perkalian pada siswa kelas II SDN 30 Rejang Lebong.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Dewi, Putri ChandraUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerHamengkubuwono, HamengkubuwonoUNSPECIFIED
ReviewerGunawan, GunturUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media; Permainan Congklak; Hasil Belajar; Konsep Perkalian
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 25 Oct 2019 04:19
Last Modified: 25 Oct 2019 04:19
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/311

Actions (login required)

View Item View Item