Efektifitas Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an ( Studi Kasus Santri Madrasah Diniyah Awaliyah Miftahul Ulum Kecamatan Sukakarya Kabupaten Musi Rawas

Sunarto, Sunarto and Azwar, Beni and Mahfuz, Mahfuz (2022) Efektifitas Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an ( Studi Kasus Santri Madrasah Diniyah Awaliyah Miftahul Ulum Kecamatan Sukakarya Kabupaten Musi Rawas. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
SUNARTO 1.pdf

Download (5MB)

Abstract

Madrasah Diniyah Awaliyah Miftahul Ulum Kecamatan Sukakarya Kabupaten Musi Rawas adalah lembaga pendidikan Al Qur’an yang didirikan sebagai akibat keprihatinan terhadap kurangnya kemampuan membaca Al Qur’an Siswa/Siswi SMP dan SMA di kecamatan Sukakarya. Dengan bermodal tekad, kepercayaan, keyakinan dan pertolongan Allah Swt, Madrasah Diniyah Awaliyah Miftahul Ulum Kecamatan Sukakarya Kabupaten Musi Rawas dapat berdiri dan menjadi lembaga yang memfasilitasi para santrinya untuk dapat meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an. Dalam proses pembelajaran Madrasah Diniyah Awaliyah Miftahul Ulum Kecamatan Sukakarya Kabupaten Musi Rawas menggunakan Metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an para santri. Alasan penggunaan Metode Yanbu’a sendiri dilatarbelakangi dengan adanya Santri yang mampu membaca Al Qur’an akan tetapi tidak sesuai dengan Makhraj dan Tajwid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana Efektifitas Metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an di Madrasah Diniyah Awaliyah Miftahul Ulum Kecamatan Sukakarya Kabupaten Musi Rawas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis data hasil penelitian yaitu dengan mendeskripsikan atau menggambarkan keadaan yang sedang terjadi atau berlangsung dan menganalisis datanya tidak menggunakan perhitungan statistik. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa; (a) Kemampuan membaca Santri Madrasah Diniyah Awaliyah Miftahul Ulum Desa Ciptodadi dinilai cukup baik karena sudah sesuai dengan aspek - aspek penilaian pada pembelajaran Al Qur’an dengan memperhatikan kefasihan dan ketepatan tajwid. (b) Pada penerapannya Metode Yanbu’a dinilai efektif karena sudah sesuai dengan panduan dan tata cara pembelajaran Metode Yanbu’a yang terdapat pada setiap jilidnya. (c) Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca Al Qur’an Santri Madrasah Diniyah Awaliyah Miftahul Ulum diantaranya sebagai berikut. Faktor peran guru, peran santri, peran orang tua, jarak rumah dan madrasah, cuaca dan Sarana Prasarana. Kata Kunci : Efektivitas, Metode Yanbu’a, Al Qur’an

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sunarto, SunartoUNSPECIFIED
Azwar, BeniUNSPECIFIED
Mahfuz, MahfuzUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:26
Last Modified: 13 Mar 2023 04:26
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3094

Actions (login required)

View Item View Item