Analisis Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Daerah Tertinggal ( Studi Kasus SMPN Napallicin Kec. Ulu Rawas Kab. Musi Rawas Utara )

Abdul, Haris Nasution and Warsah, Idi and Ifnaldi, Ifnaldi (2022) Analisis Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Daerah Tertinggal ( Studi Kasus SMPN Napallicin Kec. Ulu Rawas Kab. Musi Rawas Utara ). Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
ANALISIS PENGELOLAAN PEMBELAJARAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Abdul Haris Nasution, NIM 20871001. Judul Tesis “Analisis Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Daerah Tertinggal ( Studi Kasus di SMPN Napallicin Kecamatan Ulu Rawas Kabupaten Musi Rawas Utara).” Dalam penelitian ini, peneliti membahas tentang : Analisi Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Daerah Tertinggal ( Studi Kasus SMPN Napallicin Kecamatan Ulu Rawas Kabupaten Musi Rawas Utara ). Dalam pembahasan ini bagaimana persiapan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan oleh Guru Pendidikan Agama Islam terhadap proses belajar mengajar. Perlu diketahui bahwa di daerah tertinggal segala sarana dan prasarana sangat terbatas teruma belum adanya PLN, sinyal internet . sedangkan guru dituntukan mengajar lebih efektif dan meninggalkan kebiasaan dengan menggunakan metode ceramah, Adapun yang menjadi sumber data adalah Kepala Sekolah SMPN Napallicin, Dewan Guru,Guru Agama Islam dan Ketua Komite dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu sebuah pendekatan penelitian yang menggambarkan dan mengintreprestasikan objek sesuai dengan apa adanya sehingga kesimpulan yang diambil sesuai dengan pertanyaan yang disampaikan. Berdasarkan hasil penelitina yang dilakukan bahwa proses pembelajaran yang disampaikan oleh Guru Agama Islam bersumber pada buku ajar, guru masih menggunakan metode ceramah, sedangkan evaluasi dan penilaian dilakukan setelah proses pembelajaran dilaksanakan. Sebelum proses pembelajaran guru sudah membuat Silabus, RPP, Program Semester dan Program Tahunan. Adapun hasil penelitian yang diharapkan, agar guru dapat merubah metode pembelajaran sesuai dengan perkembangan zaman. Sehingga siswa mengalami pembelajaran tidak berpaku pada buku pelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Abdul, Haris Nasutionharisaiman1977@gmail.com
Warsah, Idiidiwarsah@iaincurup.ac.id
Ifnaldi, Ifnaldiifnaldi1965@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pasca Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 06 Mar 2023 08:14
Last Modified: 06 Mar 2023 08:14
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3083

Actions (login required)

View Item View Item