Hestiana, Riska and Kurniawan, Kurniawan and Baryanto, Baryanto (2022) Penerapan Model Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR) dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di SD 01 Muhammadiyah Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
Riska Hestiana.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penulisan karya ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui model Pembelajaran Kelas Rangkap yang diterapkan dalam rangka untuk meningkatkan efektivias pembelajaran. Hal ini yang disebabkan kurangnya tenaga pendidik di SD 1 Muhammadiyah Rejang Lebong tersebut yang dapat menyebabkan nilai siswa menjadi buruk pada waktu ujian di sebabkan tidak ada guru mata pelajaran yang menjelaskan tentang materi yang akan diujikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menerapkan salah satu bentuk strategi penelitian kualitatif yang menggambarkan suatu keadaan atau peristiwa yang terjadi di dalam kelas atau kejadian langsung di lapangan. Adapun objek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah sekaligus wakil kurikulum, guru dan siswa. Jenis data yang digunakan penulis ialah menggunakan data primer dan data sekunder. Kemudian dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Tingkat efektivitas pembelajaran melalui model PKR di SD 1 Muhammadiyah Rejang Lebong yaitu mengalami peningkatan kualitas pembelajaran dari yang tidak paham menjadi paham, Kesesuaian tingkat pembelajaran seperti materi kesesuaian dengan tingkat dan level pembelajaran, dari segi waktu guru yang mengelolah waktu dalam kelas rangkap. 2) Tingkat Pemahaman Siswa Terhadap Materi saat PKR yaitu adanya peningkatan pemahaman dan kemudahan dalam belajar jika tidak mengerti, akan bertanya kakak kelas dan akhirnya paham dan mendapatkan nilai yang tinggi. 3) Guru dalam Penerapan PKR Agar Berjalan Lancar di SD 1 Muhammadiyah Rejang Lebong yaitu pertama, persiapan misalnya sebelum memulai menyampaikan materi guru harus mengarahkan siswa terlebih dahulu seperti membagi papan tulis dan mengelompokan siswa, menyampaikan materinya harus sesuai dengan RPP, menyampaikan materi harus saling berkaitan menjelaskan materi dan menyiapkan media pembelajaran seperti poster perkalian. Kata kunci: Analisis, Model Pembelajaran Kelas Rangkap, Efektivitas Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Mrs sulistyowati | ||||||||
Date Deposited: | 13 Mar 2023 04:25 | ||||||||
Last Modified: | 13 Mar 2023 04:25 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3082 |
Actions (login required)
View Item |