Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Mengembangkan Konsep Diri Siswa Di MTS Baitul Makmur

Indriyani, Rika (2019) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Mengembangkan Konsep Diri Siswa Di MTS Baitul Makmur. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENGEMBANGKAN KONSEP DIRI SISWA.pdf

Download (363MB)

Abstract

Penelitian ini diangkat berdasarkan hasil survei selama PPL bahwa tingginya konsep diri siswa terutama yang negatif dimana sebagian siswa menanggapi kritikan sebagai suatu celaan atas kekurangan yang dimiliki, masih ada siswa yang merasa terisolir dikelas, ada siswa yang merasa tidak disenangi oleh orang lain. Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran konsep diri siswa dan dan apakah efekttif teknik bimbingan kelompok dalam mengembangkan konsep diri siswa. Berdasarkan fakta diatas peneliti ingin melaksanakan layanan bimbingan kelompok ini untuk mengembangkan konsep diri siswa. Jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimen bentuk pre- experimen design. Desain penelitiannya pre test and post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTs Baitul Makmur. Dengan teknik purpuse sampling diperoleh 15 siswa sebagai sampel. Metode pengumpulan data menggunakan persentase dan validitas instrumen penelitian menggunakan pengujian validitas kontruksi melalui ahli yaitu pembimbing sebagai validatornya. Menggunakan rumus persentase karena ingin melihat berapa persen konsep diri negatif siswa sebelum bimbingan kelompok dengan diberikannya angket kepada siswa. Bahwa konsep diri yang dilkuakn siswa yaitu ada siswa yang malu harus menunjukan bakat sebesar 53%, sebanyak 54% siswa yang mudah tersinggung, sebnyak 60% siswa yang tidak menyukai seseorang, sebnyak 54% siswa yang suka menetertawakan teman ketika salah berbicara didepan kelas, sebanyak 54% siswa tidak senang mengikuti pelajaran kelompok, sebanyak 54% siswa dalam hubungan berteman. Setelah dilkukannya bimbingan kelompok sebanyak 27% siswa yang malu jika harus menunjukan bakat yang saya miliki karena bakat saya tidak bagus, sebanyak 27% siswa yang merasa mudah tersinggung, dan sebanyak 14% siswa tidak menyukai seorang atau teman sebayanya, sebanyak 33% siswa suka menertawakan teman ketika teman salah bicara didepan kelas, sebanyak 27% siswa tidak senang mengikuti pelajaran kelompok dalam pembelajaran, sebanyak 33% siswa hubungan dalam berteman tidak bertahan lama. Hasil penelitian disimpulkan bahwa Artinya dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok efektif untuk mengembangkan konsep diri siswa kelas VII di MTs Baitul Makmur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan konsep diri dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok, hal ini dibuktikan dengan terjadinya perubahan yang signifikan pada diri siswa yang memiliki konsep diri negatif/rendah mengarah pada perubahan konsep diri positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Indriyani, RikaUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerRizal, SyamsulUNSPECIFIED
ReviewerFadila, FadilaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan kelompok; Konsep Diri
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 25 Oct 2019 04:19
Last Modified: 25 Oct 2019 04:19
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/308

Actions (login required)

View Item View Item