Peran Guru Pembimbing dalam Mencegah Pelanggaran Tata Tertib Siswa SMP N I. Sidoharjo Kab. Musirawas

Gustina, Riszki An and Hartini, Hartini and Febriyansyah, Febriyansyah (2022) Peran Guru Pembimbing dalam Mencegah Pelanggaran Tata Tertib Siswa SMP N I. Sidoharjo Kab. Musirawas. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Riszki An Gustina.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan masyarakat dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan, pengajaran atau latihan yang berlangsung di Sekolah maupun luar Sekolah sepanjang hayat untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat memainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tepat pada masa yang akan datang. Fenomena yang terjadi di lapangan khususnya yang terjadi di SMP Negeri L. Sidoharjo, menunjukkan bahwa ada beberapa siswa yang tidak mematuhi peraturan sekolah seperti siswa yang melanggar tata tertib, berbicara tidak sopan, mengobrol saat pelajaran berlangsung, tidak mengerjakan tugas sekolah, dan tidak disiplin berangkat ke sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan pelaksanaan peran dari guru pembimbing dalam mencegah pelanggaran tata tertib pada siswa kelas VIII di SMP N L. Sidoharjo. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang yaitu kepala sekolah, waka kesiswaan, wali kelas, guru mata pelajaran, guru pembimbing dan siswa dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan di analisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data (data display) dan kesimpulan serta data yang terkumpul di cek keabsahannya dengan menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti ditemukan bentuk pelanggaran tata tertib yang terjadi di SMP N L Sidoharjo diantaranya siswa tidak menaati peraturan sekolah, berkata kasar, kurang menghargai guru, membolos, kurang disiplin, berpakaian tidak rapi, dan suka membantah. Dan dapat diketahui penyebab dari pelanggaran tata tertib ialah kurangnya perhatian orang tua, pergaulan bebas, masalah keluarga, penggunaan handpone, dan faktor lingkungan. Dengan demikian, peran dari guru pembimbing dalam mencegah terjadinya pelanggaran tata tertib siswa kelas VIII dengan memberikan layanan informasi, bimbingan kelompok dan home visit. Adapun dampak pemberian layanan yang diberikan guru pembimbing sudah bisa dikatakan berhasil karena sudah ada perubahan dari pada diri siswa yang dilayani, yaitu rasa diri (fisikal, intelektual, emosional), rasa sosial, rasa nilai/moral dan rasa spiritual. Kata Kunci: Guru Pembimbing, Pelanggaran Tata Tertib.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Gustina, Riszki AnUNSPECIFIED
Hartini, HartiniUNSPECIFIED
Febriyansyah, FebriyansyahUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:24
Last Modified: 13 Mar 2023 04:24
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3076

Actions (login required)

View Item View Item