Analisis Metode Cerita Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Az-Zahra Jangkat

Suryani, Wulan Ade and Puspitasari, Rini and Putri, yunita rizki (2022) Analisis Metode Cerita Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Az-Zahra Jangkat. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
ADE WULAN SKRIPSI1-5.pdf

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan bahasa menurut Yuliani Nuraini dan Bambang Sujiono, beberapa hal yang menjadi karakteristik pencapaian perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun sebagai berikut: Berbicara menggunakan kalimat sederhana (4-5 kata), Senang mendengarkan dan menceritakan kembali cerita sederhana, Menyebut nama, jenis kelamin dan umur, Mengerti bentuk pertanyaan dan menggunakan kata tanya, Dapat berperan serta dalam percakapan dan tidak mendominasi untuk selalu didengar, Menyebut panggilan orang tua. Masalah utama dalam penelitian ini pelaksanaan metode cerita serta kemampuan bercerita dalam perkembangan anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, sumber data utama guru Tk Az-Zahra dan peserta didik di Tk Az-Zahra desa Jangkat. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data yaitu melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan metode cerita dan becerita anak usia dini dalam dalam meningkatkan/mrngrmbangkan bahsa anak usia dini di taman kanak-kanak Az-zahra, Berdasarkan pelaksanaannya metode bercerita dilaksanakan secara lisan serta cerita yang harus digunakan oleh guru harus menarik dapat dipahami anak dan bersangkutan dengan kehidupan anak selain itu mimik wajah guru harus menarik sehingga dapat menarik perhatian anak. kedua yaitu mempersiapkan rencana pelaksanaan metode cerita yang akan digunakan dalam kegiatan bercerita. guru menyiapkan naskah sebelum kegiatan yang bertujuan agar kegiatan bercerita yang akan dilaksanakan nantinya dapat berjalan dengan lancar dan tidak membosankan bagi anak usia dini. Langkah yang keempat guru bercerita menggunakan ilustrasi gambar dari buku. Saat bercerita bentuk-bentuk emosi dan ekspresi kepada anak, misalnya marah, sedih, gembira, kesal dan lucu, metode cerita juga memberikan keterangan, atau penjelasan tentang hal-hal baru dalam rangka menyapaikan pembelajran di TK dan dapat mengembakan berbagai kompetensi dasar usia anak TK. Kemampuan bercerita anak yang sudah berkembang sesuai harapan ada satu, yang belum berkembang sepuluh anak yang mulai berkembang tiga, anak berkembang sesuai harapan dua dapat dilihat kemampuan bercerita anak usia dini masih belum berkembang dan masih membutuhkan bantuan ibu guru. Dan dari 10 perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Az-zahra desa Jangkat, diketahui dari 16 anak terdapat 3 anak Belum Berkembang, 7 anak Mulai Berkembang, 4 anak Berkembang Sesuai Harapan dan 2 anak Berkembang Sangat Baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Suryani, Wulan Adeadewulansuryani12wulansuryani@gmail.com
Puspitasari, Rinipuspitasaririni076@gmail.com
Putri, yunita rizkirizkiyunitaputri@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 06 Mar 2023 07:34
Last Modified: 06 Mar 2023 07:34
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3066

Actions (login required)

View Item View Item