Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Paham Radikalisme Siswa Di Mts Al Hadi Lebong

Rizki, Titi Nur and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Sumarto, Sumarto (2023) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Paham Radikalisme Siswa Di Mts Al Hadi Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Paham Radikalisme Siswa Di Mts Al Hadi Lebong ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena Radikalisme yang merupakan paham atau aliran yang menginginkan perubahan yang bersifat revolusioner. Jika ditinjau dari sudut pandang keagamaan, radikalisme diartikan sebagai sikap fanatisme yang tinggi terhadap agama dimana paham atau liran ini menjadikan para generasi muda bangsa seperti siswa dan mahasiswa sebagai sasaran paham mereka. Di zaman sekarang, media social merupakan faktor yang melatar belakangi munculnya paham radikalisme. MTs Al Hadi lebong merupakan salah satu sekolah berbasis agama Islam yang mana mayoritas siswanya telah menggunakan media social sebagai ajang komunikasi dengan dunia luar, sehingga besar potensi munculnya paham radikalisme di MTs Al Hadi lebong mengingat pesan-pesan yang bermuatan radikalisme mudah diperoleh dari konten disitus online ataupun media social. Hal inilah yang menarik perhatian peneliti sehingga peneliti ingin mengetahui lebih dalam mengenai Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Paham Radikalisme Siswa Di Mts Al Hadi Lebong. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Paham Radikalisme Siswa Di Mts Al Hadi Lebong dan Dampak Paham Radikalisme siswa Di Mts Al Hadi Lebong. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field reseach) dengan pendekatan kualitatif-deskriftif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclution drawing and varification (penarikan kesimpulan dan verifikasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa staregi yang digunakan guru untuk mencegah bahaya dari paham radikalisme di MTs Al Hadi Lebong yaitu menggunakan kegiatan sosialisasi mengenai paham radikalisme seperti kegiatan pada hari jum’at yaitu kultum yang nantinya materi yang disampaikan akan berkaitan dengan paham-paham radikalisme, guru selalu mengajarkan untuk selalu menghargai perbedaan, toleransi dan menghargai pendapat orang lain. Dan untuk dampak yang di akibatkan oleh paham radikalisme siswa di MTs Al Hadi Lebong belum ada kearah yang anarkis, karena guru selalu mengajarkan untuk selalu menghargai perbedaan, toleransi dan menghargai pendapat orang lain. Kata Kunci : Strategi Guru, Mencegah Radikalisme

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Rizki, Titi Nurtitinurrizkii@gmail.com
Hamengkubuwono, Hamengkubuwonohamengku7@gmail.com
Sumarto, Sumartosumarto.manajemeno@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun6 akun6
Date Deposited: 07 Mar 2023 08:18
Last Modified: 07 Mar 2023 08:18
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3062

Actions (login required)

View Item View Item