Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 5 Di Sd It Khoiru Ummah Rejang Lebong

Yana, Sandra Leri and Kusen, Kusen and Amin, Muhammad (2022) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 5 Di Sd It Khoiru Ummah Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Sandra Leriyana(1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar pada siswa kelas 5 di SD IT Khoiru Ummah Rejang lebong. Untuk itu, profesionalitas dan perhatian guru sangat penting bagi peserta didik. Keterampilan- keterampilan yang dilakukan oleh seorang pendidik sangatlah mempengaruhi motivasi belajar peserta didik. Untuk meningkatkan motivasi peserta didik, pendidik harus berinovasi di setiap proses pembelajaran untuk menghadirkan pembelajaran yang aktif, kreatif. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar pada siswa kelas 5 di SDIT Khoiru Ummah pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Kemudian untuk mengetahui upaya yang di lakukan guru pendidikan agama, islam dalam menyampaikan materi pembelajaran supaya dapat dipahami siswa kelas 5 SD IT Khoiru Ummah Rejang Lebong Penelitian ini merupakan peneliti lapangan (field research) yang bersifat deksriptif kualitatif. Subyek penelitian ini yakni.Kepala sekolah,wakil kepala sekolah,waka kesiswaan, guru pai ,siswa-siswi, dan orang tua siswa kelas 5 di SD IT Khoiru Ummah Rejang Lebong Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis datanya mengunakan pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, motivasi siswa di SDIT Khoiru Ummah Rejang Lebong itu tergantung pada kondisi yang dialami oleh anak. Motivasi dari peserta didik itu dapat saja berubah-rubah tergantung dengan kondisi perasaan dari peserta didik. Dalam penelitian ini, berdasarkan data dari hasil belajar yang telah diperoleh peneliti hasil belajar dari peserta didik rendah dan motivasi nya juga rendah. Dengan demikian untuk meningkatkan motivasi dari setiap anak itu dibutuhkan beberapa upaya yang harus guru lakukan supaya motivasi nya dapat meningkat.Meningkatkan motivasi belajar siswa digunakan berbagai macam metode atau upaya. Adapan upaya yang dapat guru gunakan yakni dengan memberikan pujian, memberikan hadiah,ice breaking, memberikan nilai, karya wisata atau berekreasi, ego-involvement, kompetensi persaingan,dan hukuman. Jadi dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa itu berbeda-beda dan setiap guru juga memiliki usaha tersendiri untuk meningkatkan motivasi belajar siswa-siswi SDIT Khoiru Ummah Rejang Lebong Kata Kunci : Upaya guru PAI, Motivasi belaja

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Yana, Sandra LeriUNSPECIFIED
Kusen, KusenUNSPECIFIED
Amin, MuhammadUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:23
Last Modified: 13 Mar 2023 04:23
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3046

Actions (login required)

View Item View Item