Khairunnisya, Friska and Yanto, Murni and Suprapto, Suprapto (2020) Implementasi Strategi Active Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMP Negeri 13 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
Fulltext.pdf - Accepted Version Download (3MB) |
Abstract
: Strategi active learning adalah salah satu strategi yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 13 Rejang Lebong untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan dan sebuah upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang terdapat di dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi serta data yang bersumber dari bahan kepustakaan. Data-data tersebut digunakan untuk mengetahui implementasi strategi active learning dalam pembelajaran PAI di SMP N 13 Rejang Lebong dan faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Kemudian data-data yang diperoleh tersebut dipaparkan dengan bahasa penulis sendiri dengan tetap berpedoman pada aturan penulisan karya ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi active learning yang diterapkan di SMP Negeri 13 Rejang Lebong diwujudkan dalam beberapa komponen yang saling mempengaruhi yaitu tujuan pembelajaran, pemilihan metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan isi/materi pelajaran serta guru dan siswa. Komponen-komponen tersebut dirancang agar dalam pelaksanaannya siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Strategi ini diterapkan untuk memberikan kemudahan kepada siswa mengenal, memahami, menghayati, dan menerapkan materi yang di sampaikan guru dalam kehidupan siswa, sehingga tujuan pembelajara PAI bisa terwujud. Beberapa strategi active learning yang digunakan adalah Jigsaw Learning, Cooperative Script, Video Critic, dan Reading Aloud. Kemudian dalam menggunakan strategi active learning ada dua faktor yang mempengaruhi. Pertama, faktor pendukung terlaksananya strategi active learning dalam pembelajaran PAI meliputi; profesionalitas guru, sarana dan prasarana. Kedua, faktor yang menghambat terwujudnya strategi active learning dalam pembelajaran PAI, yaitu: kurangnya persiapan guru dalam merencanakan skenario pembelajaran dan kurangnya motivasi siswa disebabkan latar belakang yang berbeda, seperti lingkungan sosial, lingkungan budaya, gaya belajar, keadaan ekonomi dan tingkat kecerdasan. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, beberapa saran yang dapat penulis berikan adalah, pertama, guru hendaknya memilki kreatifitas dalam menggunakan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik. Kedua, kepala sekolah hendaknya sering memberi pengarahan terhadap guru agar selalu memperbaiki atau mengembangkan strategi pembelajaran yang akan digunakan, sehingga dalam proses pembelajaran tidak hanya menggunakan strategi yang sama tetapi guru menguasai beberapa strategi yang dapat digunakan guna meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Implementasi, Active Learning, Pembelajaran PAI
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Active Learning, Pembelajaran PAI | ||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Mrs maisonah | ||||||||
Date Deposited: | 13 Mar 2023 04:23 | ||||||||
Last Modified: | 13 Mar 2023 04:23 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3042 |
Actions (login required)
View Item |