Surati, Surati
(2018)
Manajemen Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri Di Pondok Pesantren Modern Darussalam Kepahiang.
Masters thesis, IAIN Curup.
|
Text
TESIS SURATI S2 MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM MANAJEMEN PONDOK PESANTREN DALAM MENINGKATKAN KEDISIP.pdf
Download (1MB)
|
Abstract
Penelitian ini mengungkapkan Manajemen Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Modern Darussalam Kepahiang, Pondok Pesantren akan difokuskan kepada peningkatan kedisiplinan .Penelitian dilakukan karena pertimbangan dalam keterbatasan-keterbatasan yang dimiliki oleh peneliti, subjek penelitian yaitu Pimpinan Pondok Pesantren Modern Darussalam Kepahiang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini bersifat diskriptif. Penelitian ini tidak memiliki hipotesis, karena penelitian ini tidak ditunjukan untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan untuk ditolak atau diterima, namun ditekankan pada pengumpulan data untuk mendiskripsikan keadaan yang sebenarnya di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian : (1) Perencanaan pada pendidikan kedisiplinan santri merencanakan peraturan yang harus di terapkan, kemudian menyampaikan kepada seluruh santri untuk di ikuti dan di taati. Jika tidak di ikuti sesuai peraturan maka santri yang melanggar peraturan tersebut akan mendapatkan sanksi / hukuman dengan tepat,untuk menjadikan santri yang berdisiplin yang tinggi dan bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan. dan untuk pendukung kedisiplinan santri ini kami mempunyai fasilitas / sarana yang sangat memadai. (2) Pengelolaan kedisiplinannya telah mentaati peraturan yang di tetapkan, Pengelolaan dilakukan dengan menyusun kalender pendidikan dan dissesuaikan setiap tahun oleh sekolah untuk mengatur kegiatan pembelajaran. Pengaturan waktu belajar mengacu kepada standar isi dan disesuaikan dengan kalender Pondok Pesantren Modern Darussalam Kepahiang, kebuthan daerah, karakteristik sekolah yang berada di lingkungan Pondok Pesantren Modern Darussalam Kepahiang, kebutuahan peserta didik dan masyarakat, serta ketentuan dari pemerintah. (3) Sementara hambatannya Hambatan dalam pengelolaan kedisiplinan tentu ada, seperti santri masih ada yang melanggar peraturan dalam pelaksanaan kedisiplinan. Dengan demikian maka solusinya harus di tindak lanjuti yang dimulai dari penyususnan data, merencana, mengorganisasikan , melaksanakan, sampai dengan pengawasan dan penilaian. kemudia pengelolaan menghasilkan suatu yang dapat merupakan sumber penyempurnaan dan peningkatan dalam pengelolaan kedisiplinan santri.
Actions (login required)
|
View Item |