“Strategi Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Dalam Mengembangkan Minat Membaca Siswa Di MIS GUPPI No. 13 Tasik Malaya

Hidayati, Sefa and Botifar, Maria and Khair, Ummul (2021) “Strategi Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Dalam Mengembangkan Minat Membaca Siswa Di MIS GUPPI No. 13 Tasik Malaya. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Sefa Hidayati.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada usia pelajar, salah satu faktor penyebab rendahnya minat membaca siswa adalah kurangnya motivasi yang diberikan mengenai pentinya membaca. Oleh karena itu, minat membaca siswa perlu mendapatkan perhatian khusus dari semua pihak. Di sekolah, pengelola perpustakaanlah yang memiliki peran penting dalam mengembangkan minat membaca siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengelolaan perpustakaan di MIS GUPPI No. 13 Tasik Malaya, untuk mengetahui minat membaca siswa di MIS GUPPI No. 13 Tasik Malaya, dan untuk mengetahui strategi pengelolaan perpustakaan sekolah dalam mengembangkan minat membaca siswa di MIS GUPPI No. 13 Tasik Malaya. Penelitian ini dikategorikan kedalam penelitian kualitatif dan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah kepala sekolah/madrasah, pengelola perpustakaan sekolah, dan siswa. Kemudian analisis data di mulai dari reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, strategi pengelolaan perpustakaan di MIS GUPPI No. 13 Tasik Malaya yaitu: memberikan pelayanan perpustakaan, pengelolaan koleksi pustaka, klasifikasi dan katalogisasi bahan pustaka, pengelolaan sarana dan prasarana serta SDM perpustakaan, juga promosi perpustakaan. Kedua, minat membaca siswa di MIS GUPPI No. 13 Tasik Malaya saat ini Malaya masih terjadi ketidakstabilan dan masih perlu dilakukan pengembangan kembali. Ketidakstabilan ini disebabkan oleh kurangnya koleksi perpustakaan dan kurangnya motivasi dalam diri siswa mengenai pentingnya membaca. Minat membaca siswa akan meningkat/tinggi apabila diadakan pembaharuan koleksi bahan pustaka. Dan pembaharuan yang ada belum terjadwalkan dengan tetap. Ketiga, untuk pengembangan minat membaca siswa, pengelola perpustakaan melakukan strategi sebagai berikut: Melibatkan guru bidang studi dalam pemanfaatan bahan pustaka sebagai bahan ajar, Memperbaharui koleksi perpustakaan, Mengadakan pameran buku, Pemberian reward kepada siswa yang rajin berkunjung ke perpustakaan, Memberikan rekomendasi buku yang menarik, Memberikan kebebasan membaca, Menumbuhkankan kesadaran diri dalam hal membaca, Melibatkan peran serta lingkungan keluarga siswa. Kata kunci: Strategi, Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Minat Membaca Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Hidayati, SefaUNSPECIFIED
Botifar, MariaUNSPECIFIED
Khair, UmmulUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:20
Last Modified: 13 Mar 2023 04:20
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3022

Actions (login required)

View Item View Item