Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sdn 18 Rejang Lebong

Aini, Zumratul (2019) Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sdn 18 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
zumratul aini 15591056.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan komunikasi guru sebagai alat interaksi antara guru dan siswa, yang mana tugas guru dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa melalui interaksi komunikasi dalam proses belajar mengajar yang dilakukannya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi guru, untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara kemampuan komunikasi guru terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN 18 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan survey lapangan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Total Sampling dengan sampel dalam penelitian ini sebanyak 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah korelasi Product moment. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi guru baik dengan persentase sebesar 68% dan hasil belajar siswa cukup dengan persentase 36% , terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan komunikasi guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SDN 18 Rejang Lebong. Pengujian hipotesisnya sebagai berikut : dimana ro = 0,447 lebih besar dari rtabel pada taraf signifikan 5% = 0,396 dengan demikian Ha diterima dan HO ditolak. Artinya semakin baik kemampuan guru dalam mengkomunikasikan materi pembelajaran maka semakin baik pula hasil belajar yang diperoleh siswa SDN 18 Rejang Lebong.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Aini, ZumratulUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerKusen, KusenUNSPECIFIED
ReviewerFathurrochman, IrwanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Guru; Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 25 Oct 2019 04:19
Last Modified: 25 Oct 2019 04:19
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/301

Actions (login required)

View Item View Item