“Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MIS Guppi No.13 Tasik Malaya

Lolita, Selly and Botifar, Maria and Khair, Ummul (2022) “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MIS Guppi No.13 Tasik Malaya. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Selly Lolita(1).pdf

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan membaca dan menulis karangan narasi siswa di Kelas V MIS GUPPI No.13 Tasik Malaya seperti kurangnya pengembangan imanjinasi, adanya rasa takut untuk memulai, siswa tidak tau apa yang ingin ditulis, kemudian bahasa dan kosa kata anak masih sangat rendah membuat anak kesulitan untuk menulis sebuah karangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Sumber data didapatkan penulis melalui pengamatan (observasi) dan pencatatan secara sistematis terhadap objek penelitian. Pengamatan akan dilakukan di MIS GUPPI No.13 Tasik Malaya. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Berdasarkan hasil pengumpulan data dan analisis data, dapat diketahui bahwa dari jumlah 21 siswa, 2 orang sudah dikategorikan sangat baik, 16 orang dikategorikan baik, 3 orang dikategorikan cukup, 0 orang dikategorikan kurang, 0 orang dikategorikan sangat kurang. Dengan demikian, pada kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V MIS GUPPI No.13 Tasik Malaya Curup Utara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dikategorikan baik. 2) Aktivitas proses guru dalam pembelajaran menulis karangan narasi dengan menggunakan strategi aktivitas menulis terbimbing memiliki rata-rata baik. Hal ini tampak dari indikator yang telah terlaksana yaitu pada tahap pramenulis, pendrafan, dan penyuntingan serta publikasi. Kata kunci: Strategi, Kemampuan Menulis, Karangan Narasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Lolita, SellyUNSPECIFIED
Botifar, MariaUNSPECIFIED
Khair, UmmulUNSPECIFIED
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:20
Last Modified: 13 Mar 2023 04:20
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3009

Actions (login required)

View Item View Item