“Pemanfaatan Kelompok Belajar Siswa Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa dI SMA N 8 Rejang Lebong

Sari, Selpita and Ristianti, Dina Hajja and Rizal, Syamsul (2022) “Pemanfaatan Kelompok Belajar Siswa Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa dI SMA N 8 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Selpita Sari.pdf

Download (2MB)

Abstract

kelompok belajar adalah kumpulan dari beberapa individu/siswa yang membentuk sebuah kelompok dalam kegiatan belajar mengajar yang bertujuan untuk saling meningkatkan kemampuan anggota kelompok. kejenuhan belajar adalah kondisi emosional dan mental yang mengalami kelelahan yang sangat pada saat belajar, sehingga ia merasa lesu dan sudah tidak dapat menampung materi atau informasi yang baru, permasalahan yang terjadi di SMA N 8 Rejang Lebong, adalah masih banyaknya siswa yang mengalami kejenuhan dalam belajar. sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kejenuhan belajar yang di alami siswa dan pemanfaatan kelompok belajar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis Penelitian kualitatif, menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif, yaitu pendekatan yang mendeskripsikan secara sistematis, faktual, dan akurat tentang mengenai fakta fakta dan sifat populasi tertentu atau mencoba menggambarkan secara detail, yang menjadi subjek penelitian adalah 2 orang Guru BK 1 orang wali kelas dan siswa-siswi di SMAN 8 Rejang Lebong. Teknik yang digunakan peneliti dalam mengumpulkan data dengan cara wawancara, dan dokumentasi. dan untuk teknik dalam analisis data yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data, Peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber .Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, banyaknya siswa merasa jenuh di karena kan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru hanya metode ceramah dan faktor lain yaitu terlalau banyak nya guru mata pelajaran memberikan tugas tambahan kepada siswa-siswi sehingga mereka merasa jenuh. kedua, ada beberapa siswa dengan mengikuti kelompok belajar mereka dapat mengatasi kejenuhan yang mereka alami, dan ada juga beberapa siswa yang belum bisa mengatasi kejenuhan yang di alami,maka di simpulkan kegiatan yang dilakukan siswa-siswi tersebut tidak mendapatkan hasil yang di inginkan karena masih banyak yang mengalami kejenuhan dalam belajar, ketiga faktor dari kejenuhan belajar di SMA N 8 Rejang Lebong yang pertama metode pembelajaran yang di gunakan guru susah untuk di pahami oleh siswa, kedua terlalau banyaknya guru memeberikan tugas tambahan. Kata kunci : kelompok belajar,kejenuhan belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sari, SelpitaUNSPECIFIED
Ristianti, Dina Hajjadinahajja@iaincurup.ac.id
Rizal, SyamsulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:21
Last Modified: 13 Mar 2023 04:21
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3006

Actions (login required)

View Item View Item