Atia, Sepa and Sari, Dewi Purnama and Nafrial, Nafrial (2022) Upaya guru pembimbing dalam menanamkan karakter jujur pada siswa di MA Muhammadiyah Curup. Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
SEPA ATIA.pdf Download (4MB) |
Abstract
Guru pembimbing berperan penting dalam menanamkan karakter jujur siswa, selain mempunyai tugas membantu menyelesaikan masalah siswa guru Bimbingan dan konseling juga mampu membantu siswa dalam menemukan siapa dirinya sendiri, membantu mengembangkan potensi yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, jenis layanan yang diberikan guru pembimbing , materi layanan yang diberikan guru pembimbing, proses pelaksanaan guru pembimbing dalam menanamkan karakter jujur pada siswa di MA Muhammadiyah Curup. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun yang menjadi subyek dalam penelitian ini yaitu guru BK MA Muhammadiyah. Tekhnik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Teknik keabsahan data pada penelitian ini menggunakana triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa,Jenis layanan yang diberikan guru pembimbing dalam menanamkan karakter jujur adalah layanan informasi, layanan penguasaan konten dan layanan individual. Materi yang diberikan oleh guru pembimbing dalam menanamkan karakter jujur pada siswa dengan 3 bidang bimbingan, yaitu bidang bimbingan pribadi materinya pentingnya kejujuran, Qalli haqqa walau kaana murran dan pintar saja tidak cukup, kejujuran is a must pada bidang bimbingan social materinya adalah pentingnya kejujuran dalam kehidupan social masa kini sedangkan pada bidang bimbingan belajar materi yang diberikan menanamkan karakter jujur pada ujian madrasah dan melaksanakan simulasi ujian madrasah. 3) Proses pelaksanaan dilakukan secara klasikal dan individu, pelaksanaan dilakukan pada jam khusus BK dan memanfaatkan waktu jam kosong pelaksanaan layanan ini hanya satu jam yaitu jam khusus yang sudah disediakan oleh sekolahan, layanan dilaksanakan di ruang kelas, ruang khusus BK dan media social, hasil dari pelaksanaan layanan dapat dilihat dari perkembangan yang terjadi pada siswa itu sendiri dan guru pembimbing melaksanakan evaluasi dengan mengunakan Laiseg, Laijapen dan laijapan serta melakukan tindak lanjut dengan mengalihkan ke waka kesiswaan. Kata kunci : Upaya, Guru Pembimbing, Karkter Jujur
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam | ||||||||
Depositing User: | Mrs sulistyowati | ||||||||
Date Deposited: | 13 Mar 2023 04:22 | ||||||||
Last Modified: | 13 Mar 2023 04:22 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3002 |
Actions (login required)
View Item |