Pengaruh Full Day School terhadap Karakter Siswa (Sikap Religius) di SMP IT Rabbi Radhiyya

Khairullah, Khairullah and Azwar, Beni and Hajjah, Dina (2018) Pengaruh Full Day School terhadap Karakter Siswa (Sikap Religius) di SMP IT Rabbi Radhiyya. Diploma thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Pengaruh Full Day School Terhadap Karakter Siswa (Sikap Religius) Di SMP IT Rabbi Radhiyya.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pengaruh Full Day School Terhadap Karakter Siswa (Sikap Religius) Di SMP IT Rabbi Radhiyya.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pertama, skripsi ini membahas ada tidaknya pengaruh full day school terhadap sosialisasi anak dalam keluarga. Kajiannya dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan, dan sekolah yang menerapkan full day school serta pengaruh nya apa bagi anak-anak ketika menjalankan Sekolah full day school. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana pelaksanaan full day school di SMP IT Rabbi Radhiyya, (2) Bagaimana proses sosialisasi anak dalam keluarga di SMP IT Rabbi Radhiyya, dan (3) Bagaimana pengaruh full day school terhadap sosialisasi anak dalam keluarga di SMP IT Rabbi Radhiyya. Kedua, penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan metode kuantitatif yang dilaksanakan di SMP IT Rabbi Radhiyya. Teknik pengumpulan data menggunakan Angket, Observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode observasi digunakan untuk mengamati bagaimana keadaan Siswa SMP IT Rabbi Radhiyya. Angket metode pengumpulan data dari full day school dan sosialisasi anak dalam keluarga yang diajukan langsung kepada siswa SMP IT Rabbi Radhiyya. Wawancara dalam penelitian ini hanya digunakan untuk mengetahui latar belakang full day school di SMP IT Rabbi Radhiyya, sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data nama siswa, visi dan misi serta sejarah berdirinya SMP IT Rabbi Radhiyya. Adapun data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis rumus t tes one sample dan Product Moment. Hasil peneltian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan full day school di SMP IT Rabbi Radhiyya diperoleh bahwa 3 Siswa (13,4%)= Baik, 23 siswa (76,7%)= Cukup Baik dan 3 Siswa (9,9%)= Tidak Baik. Memiliki tingkat pada kategori Cukup Baik dalam pelaksanaanya. (2) Proses Karakter Siswa (Sikap Religius) di SMP IT Rabbi Radhiyya di peroleh bahwa 1 Siswa (3,3%)= Baik, 27 Siswa (90,1%)= Cukup Baik dan 2 Siswa (6,6%)= Tidak Baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa Karakter Siswa (Sikap Religius) memiliki tingkat pada kategori Cukup Baik dalam pelaksanaannya. (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara full day school dengan Karakter Siswa (Sikap Religius) di SMP IT Rabbi Radhiyya. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai uji regresi bahwa nilai koefisien nya bernilai positif, sehingga dapat dikatakan bahwa pengaruh full day school mempengaruhi karakter siswa sebesar 82,4%. Dana pada Uji Parsial T dibuktikan dengan nilai Thitung sebesar 6,697 > Ttabel 2,048. Hal ini berarti Ho ditolak dan H1 diterima jadi kedua variabel berpengaruh. Ketiga, dari hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukkan siswa, tenaga pendidik, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan terutama dilingkungan SMP IT Rabbi Radhiyya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsEmail
Khairullah, KhairullahUNSPECIFIED
Azwar, BeniUNSPECIFIED
Hajjah, DinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Full Day School; Karakter Siswa (Sikap Religius); SMP IT Rabbi Radhiyya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Mrs Tika Meldina
Date Deposited: 25 Jul 2019 03:54
Last Modified: 25 Jul 2019 03:54
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/30

Actions (login required)

View Item View Item