Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Yang Terkandung Dalam Tradisi Kedurai Mundang Biniak di Kelurahan Amen Kecamatan Amen Kabupaten Lebong

Mediansyah, fajri and Mustar, Saidil and Daheri, Mirzon (2022) Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Yang Terkandung Dalam Tradisi Kedurai Mundang Biniak di Kelurahan Amen Kecamatan Amen Kabupaten Lebong. Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
Skripsi Fajri Mediansyah.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari tradisi Kedurai Mundang Biniak masyarakat Kelurahan Amen, Kecamatan Amen, Kabupaten Lebong yang dilaksanakan secara turun-temurun hingga saat ini. Pada pelaksanaan tradisi tersebut terdapat unsurunsur keagamaan serta nilai-nilai pendidikan agama Islam yang dapat dijadikan sebagai pedoman serta contoh dikalangan generasi muda dan masyarakat sekitar. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan agama Islam ’tiqadiyah (aqidah), khuluqiyyah (akhlak), amaliyyah (Ibadah). Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Pertama, Bagaimana proses pelaksanaan tradisi kedurai mundang biniak di Kelurahan Amen Kecamatan Amen Kabupaten Lebong. Kedua, Apa saja nilai-nilai pendidikan agama islam dalam pelaksanaan tradisi kedurai mundang bimiak di Kelurahan Amen Kecamatan Amen Kabupaten Lebong. Tujuan untuk mengetahui Bagaimana proses pelaksanaan tradisi kedurai mundang biniak serta nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam pelaksanaan tradisi kedurai mundang biniak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field reaseach), yakni penelitian yang dilakukan secara langsung terjun ke lapangan untuk penggalian serta pengumpulan informasi dari responden dan informan serta objek yang diamati melalui instrumen pengumpulan data. Jenis penelitian adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penggunaan metode analisis dengan menggunakan model yang dikemukakan oleh Huberman dan Miles yang meliputi : Reduksi data, Display data, Pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Kemudian, Keabsahan data menggunakan sistem triangulasi yaitu: Triangulasi sumber, Trianglasi teknik, dan Tringlasi waktu. Hasil penelitian diperoleh bahwa pertama, Pelaksanaan tradisi kedurai mundang biniak dilakukan dalam beberapa rangkaian kegiatan yang berupa : Hari pertama, Persiapan temuun gung kecitang. Hari kedua, upacara pembukaan dan diisi dengan tari Kejai serta tari Ambet yaitu tari berlawan jenis. Hari ketiga, prosesi kedurai mundang biniak, dukun/piawang membaca doa. Setelah didoakan benih tersebut dibagikan kepada masyarakat sekitar. Kedua, Nilai-nilai pendidikan agama Islam yang terkandung dalam praktek serta pelaksanaan kedurai mundang biniak yaitu :nilai pendidikan i’tiqodiyah (aqidah), dimana masyarakat mempercayai dan meyakini hanya kepada Allah tempat meminta yang diaplikasikan lewat pelaksanaan doa pada tradisi tersebut. Kemudian, nilai pendidikan khulukiyah (akhlaq) yang berupa sifat tolong menolong, silahturahmi serta melestarikan alam. Selanjutnya, nilai pendidikan amaliyah (Ibadah), apabila telah memasuki waktu shalat maka akan didahului shalat terlebih dulu setelah itu baru dilaksanakan kembali dan apabila hasil panen melimpah masyarakat harus membagiakan kepada yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Mediansyah, fajriUNSPECIFIED
Mustar, SaidilUNSPECIFIED
Daheri, MirzonUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai, Pendidikan Agama Islam, Kedurai, Mundang Biniak.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:18
Last Modified: 13 Mar 2023 04:18
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2994

Actions (login required)

View Item View Item