Sari, Densi Sri Purnama (2019) Indentifikasi Tingkat Kesulitan Siswa Pada Pembelajaran Aksara Kaganga Rejang Di MIS Guppi 13 Tasik Malaya. Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
DENSI SRI PURNAMA SARI 15591005.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penyebab tingkat kesulitan proses pembelajaran siswa yaitu pembelajaran kurang efektif. Siswa tidak dapat menulis aksara kaganga tanpa melihat teks, siswa belum pandai mengartikan dan berbicara bahasa rejang. Hal ini akan mempengaruhi tingkat kesulitan siswa mempelajari Aksara Kaganga Rejang . Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kesulitan siswa mempelajari aksara kaganga rejang di mis guppi 13 Tasik Malaya. Jenis penelitian ini adalah pnelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Mis Guppi 13 Tasik Malaya. Subyek penelitian ini adalah Guru mata pelajaran mulok Aksara KaGaNga dan siswa kelas IV . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Serta uji kredibilitas data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kesulitan-kesulitan siswa pada Aksara KaGaNga Rejang siswa kelas IV yaitu kurang dapat berbahasa rejang, tidak hafal huruf Aksara KaGaNga Rejang ,kurang memahami tanda baca pada Aksara KaGaNga Rejang dan lamban dalam belajar. Faktor yang menyebabkan terjadinya kesulitan belajar Aksara KaGaNga Rejang siswa kelas IV yaitu 1) faktor yang berasal dari diri peserta didik yaitu kurangnya ketertarikan peserta didik dalam belajar, peserta didik yang kurang berminat belajar, peserta didik yang motivasi belajar rendah, serta peserta didik yang kurang memperhatikan penjelasan guru. 2) faktor dari luar yaitu dari lingkungan kelas yang kurang tertata dengan rapi, dan teman yang ketertarikan dalam belajar rendah,ketidak biasaan mereka berbahasa rejang. 3) faktor lingkungan rumah suasana rumah yang tidak pernah berbahasa rejang dan berkomunikasi dalam bahasa rejan. Tingkat kesulitan siswa pada Aksara KaGaNga Rejang siswa kelas IV terdapat 14 orang siswa mengalami kesulitan dalam belajar dan 6 orang siswa mengalami sedang mempelajari Aksara KaGaNga Rejang dan 5 orang siswa mudah dalam mempelajari Aksara KaGaNga Rejang ini didapatkan dari hasil tes siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan; Mempelajari; pendidikan Aksara Kaganga Rejang | |||||||||
Subjects: | L Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | |||||||||
Depositing User: | Users 4 not found. | |||||||||
Date Deposited: | 25 Oct 2019 04:19 | |||||||||
Last Modified: | 25 Oct 2019 04:19 | |||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/299 |
Actions (login required)
View Item |