Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Moral Siswa Kelas V MIN 02 Lebong Kecamatan Pinang Belapis Kabupaten Lebong

Yanto, Muhammad Ari and Ratnawati, Ratnawati and Siswanto, Siswanto (2020) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Moral Siswa Kelas V MIN 02 Lebong Kecamatan Pinang Belapis Kabupaten Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui lagi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Moral Siswa Kelas V Di MIN 02 Lebong, Kecamatan Pinang Belapis, Kabupaten Lebong. Peran guru sangat penting untuk membentuk moral siswa siswinya. Oleh karena itu, perlu dilakukan kajian yang sistematis dan berkesinambungan dalam peran guru pendidikan Agama Islam dalam membina Moral siswa. Berdasarkan wawancara dengan guru Pendidikan Agama Islam yaitu guru fiqih, Al-Qur’an Hadist dan Akidah Akhlak, bahwa di MIN 2 Lebong ini sebagai sekolah yang berlatar belakang Islami , MIN 2 Lebong memiliki visi misi mendidik siswa siswi untuk berakhlak Mulia. Mulai dari Peran guru PAI, Metode yang digunakan, factor penghambat derta pendukung dalam pmembina moral siswa siswi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang mengambarkan suatu keadaan atau peristiwa yang terjadi dilapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala Madrasah, guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa. Teknik pengumpulan data penulis menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian di peroleh bahwa Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Moral Siswa Kelas V Di Min 02 Lebong, Kecamatan Pinang Belapis, Kabupaten Lebong. Pertama, Peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membina Moral, guru PAI memiliki andil yang amat besar dalam membina moral karena ini menyangkut akhlak atau moral anak, guru PAI tidak hanya mengajar di kelas namun juga ikut andil dalam kegiatan yang lain guna membentuk karakter moral siswa dengan cara memberikan contoh yang baik seperti dengan membiasakan anak berdo’a sebelum dan sesudah belajar, membiasakan anak untuk ikut sholat berjamaah, serta membiasakan untuk disiplin terhadap waktu. Kedua, Metode yang di gunakan guru Pendidikan Agama Islam (PAI), Metode yang di gunakan guru Pendidikan Agama Islam di MIN 2 Kabupaten Lebong adalah :1) metode ceramah 2) metode hukuman 3) metode pembiasaan, 4) metode pendekatan. Ketiga, Faktor pendukung, yang menunjang dalam pelaksanaannya ialah : a) lingkungan sekolah yang kondusif b) masyarakat sekitar sekolah yang religius c) sarana sekolah yang cukup memadai d) faktor keagamaan yang tinggi. Faktor penghambat yang mempersulit guru dalam membina moral siswa antara lain : a) pergaulan bebas b) waktu yang tidak mecukupi c) sikap serta perilaku siswa yang beragam e) pengaruh perkembangan teknologi. Kata Kunci : Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, Membina Moral

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Yanto, Muhammad AriUNSPECIFIED
Ratnawati, RatnawatiUNSPECIFIED
Siswanto, SiswantoUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs maisonah
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:18
Last Modified: 13 Mar 2023 04:18
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2986

Actions (login required)

View Item View Item