Peran Guru Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Kat Kecamatan Curup Tengah Terhadap Perkembangan Akhlak Anak

Anggraini, Septi Dian and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Arsil, Arsil (2021) Peran Guru Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Kat Kecamatan Curup Tengah Terhadap Perkembangan Akhlak Anak. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Septidian Anggraini.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembinaan akhlak harus dilaksanakan secara integral yang berarti berkesinambungan dan holistik yang berarti menyeluruh . Pembinaan akhlak di madrasah harus di dukung oleh semua komponen madrasah agar dapat terwujud sesuai visi dan misi madrasah. Pembinaan akhlak merupakan komponen penting dan mempunyai pengaruh besar terhadap keberhasilan pembinaan kegiatan keagamaan. Penelitin ini bertujun untuk mengetahui peran madrasah diniyah takmiliyah awaliyah KAT dalam mengembangkan dan membina akhlak anak. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dan subjek penelitian ini siswa. Sumber data primer penulis dari hasil wawancara dengan kepala sekolah, guru, dan siswa, sedangkan data sekunder penulis di dapat dariarsip sekolah. Adapun tehnik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan menggunakan tekhnik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti laksanakan di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah KAT, pertama peran guru madrasah dilakukan melalui kebijakan sekolah yaitu melalui metode-metode pengajaran seperti metode pembiasaan, metode keteladanan dan metode hukuman.selanjutnya, melalui kegiatan rutin muhadaroh setelah sholat ashar berjamaah. Kedua, Faktor penghambat peran guru madrasah diniyah dalam membina akhlak siswa ialah Kurangnya kesadaran masyarakat, kurangnya sarana dan prasarana serta terbatas nya durasi belajar siswa yang mana hanya satu jam sehari. Kemudian faktor pendukungnya yaitu Semua pihak MDTA KAT melaksanakan tanggung jawabnya serta kewajiannya masing-masing, Masyarakat sekitar madrasah selalu memberikan dukungan, Pihak guru memberikan contoh nyata dalam berakhlakul karimah pada siswa, dan Kinerja guru yang berlatar belakang lulusan sarjana sangat baik sehingga memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap pembinaan akhlak siswa. Kata Kunci : Peran Guru Madrasah, Pembinaan Akhlak

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Anggraini, Septi DianUNSPECIFIED
Hamengkubuwono, HamengkubuwonoUNSPECIFIED
Arsil, ArsilUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:17
Last Modified: 13 Mar 2023 04:17
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2980

Actions (login required)

View Item View Item