Andresta, Yansa and Ifnaldi, Ifnaldi and Fakhruddin, Fakhruddin (2021) Motivasi Siswa dalam Menghafal Al-Qur’an di SMP IT Rabbi Radhiyyah. Masters thesis, IAIN Curup.
Text
tesis.pdf Download (1MB) |
Abstract
Motivasi Siswa dalam Menghafal Al-Qur’an di SMP IT Rabbi Radhiya. Dilatar belakangi kemampuan siswa dalam menghafal Al-Qur’an dan termasuk golongan usia muda, ditengah kesibukan dalam bersekolah mereka juga dituntut untuk menghafal Al-Qur’an, tentu saja aktivitas seperti menghafal Al-Qur’an ini membutuhkan motivasi. Studi ini diharapakan menjawab (1). Apa Motivasi siswa untuk menjadi penghafal Al-Qur’an? (2) Bagaimana Motivasi siswa untuk terus lanjut menghafal Al-Qur’an? Tujuan peneletian ini adalah untuk mengetahui Motivasi siswa memuttuskan menjadi penghafal Al-Qur’an dan motivasi untuk terus leanjut menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi Horizonalisasi, mengembangkan berbagai kelompok makna pernyataan menjadi berbagi tema, serta mepresentasikan esensi makna dari pengalaman. Strategi kredibilitas data menggunakan triangulasi dan intersubjective validity. Dari hasil peneletian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa Motivasi mereka menjadi penghafal Al-Qur’an adalah: 1) memiliki target capaian, (menyelesaikan hafalan 30 juzz) termasuk dalam motivasi perspektif behavior, 2) bentuk berbakti terhadap orang tua (membahagiakkan orang tua, dan memasangkan mahkota) termasuk dalam bentuk motivasi perspektif behavior, 3) menciptakan lingkungan hafiz Qu’an (membentuk keluarga penghafal Al-Qur’an) termasuk dalam motivasi perspektif sosial dan 4) menjadi pribadi yang bermamfaat bagi orang lain (melanjutkan kelembaga pendidikan yang diinginkan) termasuk dalam motivasi perspektif humanistik. Kemudian motivasi mereka untuk lanjut menghafal Al-Qur’an antara lain: 1) memelihara keotentikan Al-Qur’an dengan cara mempertahankan hafalan Al-Qur’an, termasuk dalam motivasi perspektif kognitif, 2) meningkatkan kualitas menghafal Al-Qur’an dengan cara menambah hafalan Al-Qur’an termasuk dalam motivasi perspektif kognitif, 3) istiqomah dalam menjalankan perintah Allah dengan cara memperdalam ketaatan dan ilmu agama termasuk dalam motivasi perspektif psikologi Islam, dan 4). Terinspirasi dari biografi tokoh imam besar islam (imam Syafi’i) yakni membaca kisah-kisah tentang imam besar, salah satunya imam syafi’I hal ini juga termasuk dalam motivasi perspektif kognitif.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Motivasi, Menghafal Al-Qur’an | ||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education |
||||||||
Divisions: | Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2 | ||||||||
Depositing User: | Mr hardinata | ||||||||
Date Deposited: | 13 Mar 2023 04:19 | ||||||||
Last Modified: | 13 Mar 2023 04:19 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2945 |
Actions (login required)
View Item |