Pengembangan Bahan Ajar Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Dengan Pendekatan Matematika Realistis (PMR) Siswa Kelas VIII MTsS 01 Darussalam

Anggraini, Safitri and Wahyuningsih, Wiwin Arbaini and Syaripah, Syaripah (2022) Pengembangan Bahan Ajar Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Dengan Pendekatan Matematika Realistis (PMR) Siswa Kelas VIII MTsS 01 Darussalam. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
SAFITRI ANGGRAINI.pdf

Download (9MB)

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan selalu diusahakan oleh pemerintah, salah satunya adalah dengan menciptakan kurikulu baru yaitu K13 yang menuntut siswa lebih aktif dari guru. Oleh karena itu guru memberikan bahan ajar berupa modul pada siswa dalam materi SPLDV namun modul yang diberikan belum mengambarkan permasalahan matematika yang terjadi dalaam kehidupan sehari�hari sehingga siswa masih sulit memahami modul yang diberikan. Berdasarkan pra penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu dengan memberikan angket persepsi guru. Dari hasil rekapitulasi angket persepsi 67% guru menyatakan ragu�ragu terhadap modul yang digunakan saat ini. Oleh sebab itu butuh pengembangan modul SPLDV dengan pendekatan matematika realitis (PMR). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengembangan modul dan perancagan pengembangan modul Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) melalui Pendekatan Matematika Realistis (PMR). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengunakan model pengembanagn ADDIE. Yang dilaksanakan di MTs.S 01 Darussalam dengan subjek penelitian 29 orang siswa dan tiga orang guru. Teknik analisis data: analisis (analysis), perancangan (design) dan pengembangan (development). Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan hasil analisis angket kebutuhan guru terhadap bahan ajar Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Melalui Pendekatan Matematika Realistis (PMR) bahwasannya 70% guru menyatakan sangat membutuhkan/memerlukan bahan ajar tersebut sedangkan angket kebutuhan siswa menunjukan 57% membutuhkan bahan ajar Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Melalui Pendekatan Matematika Realistis (PMR). Dalam proses perancagan pembuatan produk peneliti mengunakan software Ms. Word dan aplikasi corel draw. Hasil dari validasi produk menunjukan terdapat dua orang ahli materi/isi pada tahap pertama mendapatkan kreteria “Tepat”. Dengan rata-rata skor gabungan 3,86.. Hasil validasi ahli media tahap pertama medapatkan kategori “Tepat” dengan rata-rata skor 4,07.Hasil kedua ahli materi/isi pada tahap kedua mendapatkan skor rata-rata gabungan sebesar 4,11 termasuk dalam katagori “Tepat”. Hasil validasi ahli media tahap dua mendapatkan katagori “sangat tepat” dengan rata-rata 4,85. Penelitian dan pengembangan modul ini hanya dibatasi sampai pada penilaian validasi oleh ahli/pakar karena tahapan-tahapan tadi telah disederhanakan dan melihat beberapa hal yang tidak memungkinkan untuk diujicobakan kepada siswa Kata Kunci: Pengembangan, Pendekatan Matematika Realistis, Modul

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Anggraini, SafitriUNSPECIFIED
Wahyuningsih, Wiwin ArbainiUNSPECIFIED
Syaripah, SyaripahUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:15
Last Modified: 13 Mar 2023 04:15
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2918

Actions (login required)

View Item View Item