Lestari, Nauroh and Harmi, Hendra and Ristianti, Dina Hajja (2020) Efektifitas Pembelajaran PAI pada Program Paket C PKBM Bina Sejahtera Tempel Rejo. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.
Text
Fulltext.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena melihat berbagai masalah yang terjadi tentang Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Paket C PKBM Bina Sejahtera Tempel Rejo serta faktor pendukung dan penghambat dari proses pembelajaran tersebut. Kajiannya dilatar belakangi oleh pentingnya pendidikan terutama pendidikan Agama Islam di sekolah non formal seperti sekolah kesetaraan Paket A, B dan C. Karena diyakini dengan pendidikan terutama pendidikan Agama Islam dapat memperbaiki prilaku dan tatanan hidup seseorang dalam kehidupanya. Berdasarkan kenyataannya permasalahan tersebut bertujuan, untuk mendeskripkan bagaimana efektifitas proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Paket C, serta untuk mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Paket C PKBM Bina Sejahtera Tempel Rejo. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif merupakan penelitian lapangan ( field research) penyelidikan yang dilakukan dalam kehidupan atau objek yang sebenarnya. Dengan demikian data yang berhasil dikumpulkan dari lokasi penelitian, maka langkah selanjutnya menganalisa dan kemudian menyajikannya secara tertulis dalam laporan tersebut, yaitu berupa data yang ditemukan dari wawancara, observasi, dan dokumentasi yang diperoleh dari PKBM Bina Sejahtera Tempel Rejo. Dari penelitan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Proses Pembelajaran Agama Islam yang dilakukan tutor PAI di Paket C adalah: metode yang biasa digunakan oleh tutor PAI yaitu metode ceramah, tanya jawab, serta metode penugasan, untuk materi seperti materi tentang thaharah, wudhu, sholat sunnah dan sholat wajib serta materi mengenai perilaku terpuji dan tercela yang disampaikan sesuai dengan RPP dan silabus yang telah dibuat oleh tutor sehingga menuntut seorang tutor agar dapat menyampaikan seluruh materi seefektif mungkin dengan waktu pembelajaran hanya satu jam setiap satu kali dalam seminggu. 2) faktor pendukung dan penghambat dari proses Pendidikan Agama Islam adalah: sikap mental pendidik, kemampuan pendidik, media, kelengkapan pustaka, media, penggunaan metode, strategi, serta inovasi dalam pembelajaran yang menarik dan dapat menimbulkan suasana pembelajaran tidak membosankan. Untuk penghambat dalam proses pembelajannya di PKBM ini ada 3 faktor yaitu, minat belajar, ketersediaan waktu, kesibukan berkerja, sarana dan prasarana, kemampuan seorang tutor serta dari diri warga belajar itu sendiri. Kata kunci : Efektivitas, Pendidikan Agama Islam, Paket C
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Pendidikan Agama Islam, Paket C | ||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Mrs maisonah | ||||||||
Date Deposited: | 13 Mar 2023 04:15 | ||||||||
Last Modified: | 13 Mar 2023 04:15 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2907 |
Actions (login required)
View Item |