Respon Pedagang Kaki Lima Pasar Atas Terhadap Promosi Produk Bank Syariah

Putra Pratama, Ewa and Noprizal, Noprizal and Ilhamiwati, Mega (2022) Respon Pedagang Kaki Lima Pasar Atas Terhadap Promosi Produk Bank Syariah. Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
Skripsi Ewa Putra Pratama.pdf

Download (832kB)

Abstract

Perbankan syariah merupakan lembaga keuangan yang melaksanakan kegiatan penghimpunan dan pendanaan dana dari masyarakat dengan ketentuan Islam baik produk yang dimiliki ataupun akad yang dijalankan. Untuk mencapai tujuan supaya masyarakat tahu kegiatan perbankan syariah terkhususnya produk yang dimilikinya, maka pihak bank syariah harus melaksanakan kegiatan promosi produk ke msyarakat guna memberikan pengetahuan mengenai bank syariah dan mengajak masyarakat dalam menggunakan produk yang dimilikinya sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana respon yang diberikan para pedagang kaki lima pasar atas terhadap kegitan promosi yang dilakukan oleh perbankan syariah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan keadaan objek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta yang terlihat. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif, pendekatan ini digunakan untuk mengetahui apa yang terjadi dalam suatu peristiwa. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer yang diperoleh dari hasil kegiatan observasi dan informan kepada para pedagang kaki lima di pasar atas Curup melalui pelaksanaan wawancara. Data sekunder diperoleh dari arsip sejarah pasar, data para pedagang serta struktur kepemimpinan Unit Pelaksana Teknis pasar tradisional di Rejang Lebong. Dari hasil pelaksanaan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa para pedagang memberikan respon positif terhadap kegiatan promosi produk perbankan syariah karena dinilai sebagai tambahan pengetahuan dan memberikan manfaat tersendiri untuk membujuk para pedagang guna mengetahui lebih dalam kegiatan perbankan syariah. Hal tersebut timbul dari faktor internal maupun eksternal yang diterima para pedagang sehingga sebagian dari mereka melakukan tindakan berupa ikut menggunakan produk syariah. Namun minimnya pengetahuan terhadap perbankan syariah juga mengakibatkan timbulnya tanggapan biasa saja yang mengarah ke respon negatif dari sebagian pedagang, sehingga menganggap bahwa kegiatan tersebut tidak memiliki manfaat, sedangkan kendala yang dihadapi para pedagang dalam memahami promosi yang disampaikan adalah adanya penggunaan bahasa Arab baik produk maupun akadnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Putra Pratama, EwaUNSPECIFIED
Noprizal, NoprizalUNSPECIFIED
Ilhamiwati, MegaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Respon, Promosi, Pedagang Kaki Lima, Produk, Bank Syariah
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:14
Last Modified: 13 Mar 2023 04:14
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2904

Actions (login required)

View Item View Item