Analisis Penerapan Roadmap Tahun 2015-2019 Pada Tatakelola Bank Muamalat Indonesia

Widyaningtyas, Anna and Noprizal, Noprizal and Andriko, Andriko (2023) Analisis Penerapan Roadmap Tahun 2015-2019 Pada Tatakelola Bank Muamalat Indonesia. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Anna Widyaningtyas_18631015_Analisis Penerapat Roadmap Tahun 2015-2019 pada Tatakelola Bank Muamalat Indonesia.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pengembangan perbankan syariah di Indonesia telah menjadi tolak ukur keberhasilan eksistensi ekonomi syariah. Tetapi masih adanya isu dan tantangan yang menyelimuti perkembangan perbankan syariah di Indonesia maka disusunlah arah kebijakan perbankan syariah yang dikeluarkan OJK yang disebut Roadmap tahun 2015-2019 dengan tujuan penyusunan Roadmap tahun 2015-2019 adalah untuk menunjang pencapaian arah kebijakan maupun melibatkan berbagai pemangku kepentingan dalam rangka membangun industri perbankan syariah yang dapat memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tercapaian dan ketidaktercapaian 7 pilar arah kebijakan pada Bank Muamalat Indonesia. Jenis penelitian adalah studi library research atau penelitian kepustakaan dengan sumber data penelitian adalah data berupa laporan keuangan, annual report, dan lainnya yang menjadi objek dalam penelitian yang kemudian dikumpulkan, dianalisis, dan ditarik kesimpulan dengan teknik analisis datanya yaitu teknik analisis isi (content analysis) dengan proses memilih, membandingkan, menggabungkan, memilah ebrbagai pengertian, hingga ditemukan yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Roadmap tahun 2015-2019 pada tatakelola BMI cukup baik dilihat dari tahun 2015-2019 BMI melakukan metamorfosa untuk grand strategy dan milestone GCG dengan mengintegrasikan aspek kepatuhan, pengendalian internal, manajemen risiko dan tanggungjawab sosial perusahaan yang hasilnya dari ketercapaian penerapan Roadmap tahun 2015-2019 pada BMI yaitu memperkuat sinergi kebijakan antar otoritas dengan pemerintah dan stakeholders lainnya dengan menunjukkan bukan hanya Bank Muamalat Indonesia saja yang tercapai tetapi bank syariah lainnya karena bekerja sama dengan pemerintah membentuk Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS). Kualitas layanan dan keberagaman produk Bank Muamalat Indonesia dengan dikeluarkannya produk baru yaitu tabungan iB hijrah, tabungan iB hijrah prima, dan deposito hijrah. Pada peningkatan kualitas layanan yang mampu menumbuhkan kepercayaan nasabah ditambah perkembangan TI dan SDM yang membaik dari tahun ke tahun itu meningkatnya juga literasi dan preferensi masyarakat. Sedangkan untuk poin yang ketidaktercapaian oleh Bank Muamalat Indonesia yaitu memperbaiki permodalan, struktur dana, dan memperkuat serta harmonisasi pengaturan dan pengawasan telah dievaluasi dan dikeluarkannya kembali Roadmap lanjutan yaitu Roadmap tahun 2020-2025 dengan pilar yang telah disesuaikan. Kata Kunci : Roadmap, Bank Muamalat Indonesia, Ketercapaian dan Ketidaktercapaian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Widyaningtyas, Annaannawidyaningtyas.14@gmail.com
Noprizal, Noprizalrizallempur@gmail.com
Andriko, Andrikoandriandriko@gmail.com
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: akun7 akun7
Date Deposited: 27 Feb 2023 03:46
Last Modified: 27 Feb 2023 03:46
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2902

Actions (login required)

View Item View Item