Pengaruh Pendapatan dan Gaya Hidup Terhadap Halal Purchase Masturah Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderate

Wulandari, Rinnie and Istan, Muhammad and Ghoni, Muhammad Abdul (2022) Pengaruh Pendapatan dan Gaya Hidup Terhadap Halal Purchase Masturah Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderate. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Rinnie Wulandari.pdf

Download (4MB)

Abstract

Mengkonsumsi suatu barang atau jasa merupakan suatu cara manusia untuk bertahan hidup yang menimbulkan kehendak untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan adalah keinginan manusia untuk mendapatkan sesuatu yang diperlukan guna menjalanan kelangsungan hidup dan menjalankan fugsinya, sedangkan keinginan merupakan hasrat manusia untuk mewujudkannya sehinnga terjadi kepuasan. Dalam islam kebutuhan tidak hanya untuk memenuhi keberlangsunagn hidup saja tetapi juga memepertimabngkan konsep maslaha yaitu manfaat dan berkah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendapatan dan gaya hidup terhadap halal purchase Masthurah dengan religiusitas sebagai variabel moderate. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif, dengan teknik analisli data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan SPSS 16 dan regeresi linier berganda moderate dengan SPSS 16 menggunakan rumus MRA(Moderate Regretion Analisis).Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data primer berupa angket terhadap 15 orang respoden (Masthurah). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendapatan (X1) tidak berpengaruh secara parsial terhadap halal purchase hal ini dikarenakan nilai thitung<ttabel (1,371-2,179) serta nilai signifikan > 0,05 (0,195 >0,05). gaya hidup (X2) terdapat pengaruh secara parsial terhadap halal purchase hal ini dikarenakan nilai thitung>ttabel (3,048-2,179) serta nilai signifikan < 0,05 (0,030-0,05). Religiusitas tidak mampu memoderate pengaruh pendapatan terhadap halal purchase hal ini ditnjukan dengan hasil pengujian yang menunjukan dimana nilai koefisien variabel religiusitas dalam memoderate pengaruh pendapatan terhadap halal purchase (X1M) sebesar -0,06 dengan nilai signifikansi sebesar 0,34 > 0,05. Religiusitas tidak mampu memoderate pengaruh gaya hidup terhadap halal purchase hal ini ditunjukan dengan nilai koefisien variabel religiusitas dalam memoderate pengaruh gaya hidup terhadap halal purchase (X2M) sebesar -0,15 dengan nilai signifikansi sebesar 0,07>0,05 Kata kunci: Pendapatan, Gaya Hidup, Halal Purchase, Konsumsi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Wulandari, RinnieUNSPECIFIED
Istan, MuhammadMuhammadistan@iaincurup.ac.id
Ghoni, Muhammad AbdulUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:14
Last Modified: 13 Mar 2023 04:14
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2896

Actions (login required)

View Item View Item