Pengaruh Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 12 Rejang Lebong

Winanda, Rika and Wahyudi, Edi and Supardan, Dadan (2022) Pengaruh Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 12 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
RIKA WINANDA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray merupakan model pembelajaran dua tinggal dua tamu yang diawali dengan pembentukan kelompok kecil yang memberi kesempatan kepada masing-masing kelompok untuk membagikan hasil dan informasi kepada kelompok lain melalui pembagian tugas yang jelas. Tujuan Penelitian ini yaitu Untuk mengetahui : 1) Hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN 12 Rejang Lebong sebelum menggunakan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS), 2) Hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN 12 Rejang Lebong setelah menggunakan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) , 3) Pengaruh Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 12 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimental design Penelitian ini dilakukan di SDN 12 Rejang Lebong pada tahun ajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini yaitu 22 siswa di kelas V-A yang sebagai kelas eksprimen, 22 siswa dikelas V-B sebagai kelas kontrol dan kedua kelas tersebut diberikan tes berbentuk pilihan ganda. Dalam peneilitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Pada kelas eksprimen diperoleh rata-rata pretest sebesar 49,09 dan rata-rata posttest sebesar 81,45. Kemudian kelas kontrol diperoleh rata-rata pretest sebesar 44,72 dan rata-rata posttest sebesar 69,55. Dari rata-rata diperoleh bahwa hasil belajar siswa mata pelajaran IPS dengan menggunakan model Kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh sig (2-failed) 0,000 < 0,05, yang memiliki arti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh antara model pembelajaran Kooperatif two stay two stray (TSTS) dengan hasil belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan ada Pengaruh Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 12 Rejang Lebong. Kata Kunci : Hasil Belajar IPS, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Winanda, RikaUNSPECIFIED
Wahyudi, EdiUNSPECIFIED
Supardan, DadanUNSPECIFIED
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:11
Last Modified: 13 Mar 2023 04:11
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2891

Actions (login required)

View Item View Item