Darmansyah, Darmansyah and Asha, Lukman and Siswanto, Siswanto (2020) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Ranah Afektif pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 01 Ujan Mas. Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
Fulltext.pdf - Accepted Version Download (2MB) |
Abstract
: Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan dalam proses belajar mengajar di kelas yang ditemui sikap atau tingkah laku siswa yang dapat mengganggu selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Hal ini dikhawtirkan dapat mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran dan prestasi belajar siswa yang ada di SMP Negeri 01 Ujan Mas Kepahiang, yang mana diketahui bahwa yang melatar belakangi adalah kehilangan semangat dan kemampuan belajar siswa dan gangguan emosi dan agresivitas. Oleh sebab itu perlunya peran guru dalam mengambangkan ranah afektif siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan tujuan agar siswa memiliki sikap atau akhlak yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-deskriptif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian di sini yaitu beberapa Guru Pendidikan Agama Islam dan siswa yang bersangkutan. Sedangkan teknik analisis data menggunakan Pengumpulan Data, Data Reduction (Reduksi Data), Display Data (Penyajian Data), dan Verifikasi atau Kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: (1) Permasalahan yang dihadapi oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan Ranah Afektif pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah kehilangan semangat dan kemampuan belajar dan gangguan emosi dan agresivitas, sehingga Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan ranah afektif sangat diperlukan dalam kondisi saat ini yang terpenting adalah dalam proses belajar mengajar, guru harus lebih dapat memahami kondisi dan situasi lingkungan belajar supaya ketika proses itu terjadi maka pembelajaran akan dapat terkontrol. (2) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Ranah Afektif pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 01 Ujan Mas, dalam mengembangkan ranah afektif tidak hanya dalam belajar di kelas, akan tetapi dalam bentuk perbuatan yang dilakukan oleh kalangan guru sebagai figur teladan dan arsitektur, motivator administrasi dan sebagainya. Salah satu bentuk pengembangan atau upaya guru dalam menangani permasalahan kehilangan semangat dan kemampuan serta emosi dan agresif itu adalah dengan konsisten dalam mengelolah kelas, menumbuhkan sikap tanggung jawab kepada siswa, memperkecil ledakkan emosi dengan menciptakan komunikasi serta lingkungan yang serasi menanamkan sikap kejujuran adalah dengan memberi tugas laporan kegiatan sholat di rumah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Permasalahan, Mengembangkan Ranah Afektif Siswa, Peran Guru. | ||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Mrs maisonah | ||||||||
Date Deposited: | 13 Mar 2023 04:14 | ||||||||
Last Modified: | 13 Mar 2023 04:14 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2889 |
Actions (login required)
View Item |