Siregar, Ramona Putri and Harmi, Hendra and Putrajaya, Guntur (2021) Pendidikan Multikultural Dalam Keluarga Pada Anak Muslim Desa Suro Bali. Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
Ramona Putri.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan suatu proses atau sistem yang terdiri dari beberapa komponen. Kelancaran jalannya komponen akan membawa kelancaran pada proses pendidikan. Pendidikan Multikultural adalah sebuah pendekatan pengajaran dan pembelajaran yang di dasarkan atas nilai-nilai demokratis yang mendorong berkembagnya pluralisme budaya dalam hampir seluruh bentuk komprehensif. Dalam Menjalankan proses komponen pendidikan multikultural tentu banyak sekali perbedaan mulai dari agama, ras, suku bahkan adat kebiasaan seperti di Desa Suro Bali mempunyai perbedaan Agama, Suku dan Adat Kebiasaan..Tujuan dalam penelitian ini untuk Pendidikan multikultural dalam keluarga pada anak muslim di Desa Suro Bali, Faktor apa saja yang menghambat keluarga muslim dalam mendidik anak-anak mereka di Desa Suro Bali dalam hal pendidikan multicultural dan Faktor apa saja yang menjadi pendukung keluarga muslim dalam mendidik anak-anak mereka di Desa Suro Bali dalam hal pendidikan multicultural. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, subjek penelitian ini adalah Kepala Desa, Pemerintah Desa Suro Bali serta Masyarakat Suro Bali, Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis data yaitu Analisis sebelum di lapangan, Analisis data lapangan (Data Reduction, Data Display, Conclusion Drawing), Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian kualitatif meliputi uji kredibilitas data penelitian dilakukan dengan cara triangulasi Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pertama Pengaruh keluarga dalam pendidikan multikuktural terhadap anak sangatlah baik. Pemerintah Desa Suro Bali, orang tua berusaha memberikan pengertian dan contoh yang baik agar anak-anak nya dapat memahami bagaimana cara menghormati perbedaan yang ada di Desa Suro Bali dengan cara Menasehati, Silaturahmi, Sosialisasi dan Toleransi. Kedua Faktor penghambat keluarga muslim dalam pendidikan multikultural di desa Suro Bali tidak mendapatkan kendala dalam pendidikan multikultural dalam keluarga muslim pada anak-anak muslim dikarena kan toleransi beragama sangatlah di pahami oleh masyarakat muslim di Desa Suro Bali. Faktor apa saja yang menjadi pendukung keluarga muslim dalam mendidik anak-anak mereka di Desa Suro Bali dalam hal pendidikan multikultural berasal dari luar rumah dengan bersosialisasi antar masyarakat, gotong royong sesama masyarakat dalam mempersiapkan acara-acara adat di Desa Suro Bali, dan bersilaturahmi antar sesama masyarakat Desa Suro Bali. Kata Kunci : Pendidikan, Multikultural, Keluarga, Anak Muslim
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education L Education > LC Special aspects of education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Mrs sulistyowati | ||||||||
Date Deposited: | 13 Mar 2023 04:11 | ||||||||
Last Modified: | 13 Mar 2023 04:11 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2876 |
Actions (login required)
View Item |