Analisis Strategi Bank Syariah Indonesia Dalam Meningkatkan Pembiayaan Bagi Pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM)

Winardo, Randi and Hendrianto, Hendrianto and Syaputra, Ahmad Danu (2022) Analisis Strategi Bank Syariah Indonesia Dalam Meningkatkan Pembiayaan Bagi Pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM). Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Randi Winardo.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bank syariah adalah lembaga keuangan yang tugasnya sebagai mediator keuangan dalam perekonomian melalui bentuk simpanan, menyalurkannya dalam bentuk pembiayaan serta jasa-jasa keuangan lainnya yang dibangun atas dasar kepercayaan yang berlandaskan Al-Quran dan hadist. Salah satunya yaitu produk pembiayaan Mikro Usaha, KUR Super Mikro, KUR Mikro dan KUR Kecil, dimana Bank Syariah Indonesia Outlet Kepahiang membutuhkan strategi yang efektif dalam meningkatkan pembiayaan bagi pelaku usaha kecil menengah (UKM). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apa saja strategi Bank Syariah Indonesia Outlet Kepahiang dalam meningkatkan pembiayaan bagi pelaku usaha kecil menengah (UKM). Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian yang jenisnya menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. penelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskriptif kualitatif, yang memperoleh data berupa kalimat-kalimat deskriptif dan gambar-gambar visual. Sumber data yang digunakan ada dua subyek dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, untuk teknik analisis data menggunakan penyaji data, reduksi data, verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Dari penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa strategi Bank Syariah Indonesia Outlet Kepahiang dalam meningkatkan pembiayaan bagi pelaku usaha kecil menengah (UKM), terdiri dari 6 strategi yaitu: Strategi periklanan: Faktor pendukung yaitu informasi lebih cepat di terima, memudahkan dalam mempromosikan produk. Faktor penghambat yaitu banyaknya masyarakat yang belum tahu adanya BSI. Strategi aplikasi: Faktor pendukung yaitu mudah untuk melakukan transaksi, proses lebih cepat serta bisa diakses kapan saja. Faktor penghambat yaitu koneksi jaringan yang sulit, masih banyak masyarakat yang belum mengerti dalam menggunakan aplikasi tersebut. Strategi prospek pasar: Faktor pendukung yaitu bisa lebih mengenal kondisi calon nasabah. Faktor penghambat yaitu minim waktu untuk menjelaskan tentang produk yang ditawarkan. Melalui syiar (sosialisasi): Faktor pendukung yaitu lebih mempermudah karyawan atau staff dalam menjelaskan produk-produk yang dimiliki. Faktor penghambat yaitu mencari tempat untuk mengumpulkan para pedagang sangat sulit. Strategi door to door: Faktor Pendukung yaitu lebih mengetahui kondisi dilapangan atau kondisi nasabah. Faktor penghambat yaitu jarak tempat nasabah yang cukup jauh, minimnya karyawan. Strategi open table: Faktor pendukung yaitu dapat memberikan pelayanan yang baik. Faktor penghambat yaitu lebih sedikit masyarakat yang mampir untuk bertanya, lebih banyak mengeluarkan dana. Kata Kunci : Strategi, Bank Syariah Indonesia, Pembiayaan, UKM

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Winardo, RandiUNSPECIFIED
Hendrianto, HendriantoUNSPECIFIED
Syaputra, Ahmad DanuUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:11
Last Modified: 13 Mar 2023 04:11
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2875

Actions (login required)

View Item View Item