Upaya Guru Dalam Pembentukan Kepribadian Siswa di SDN Mulyoharjo Musi Rawas

Aprilia, Rani and Susilawati, Susilawati and Zulaiha, Siti (2021) Upaya Guru Dalam Pembentukan Kepribadian Siswa di SDN Mulyoharjo Musi Rawas. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Rani Aprilia.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan terkait upaya guru dalam pembentukan kepribadian siswa di SDN Mulyoharjo Musi Rawas. Hasil observasi menunjukkan bahwa kepribadian siswa di SDN Mulyoharjo Musi Rawas masih belum optimal. Kepribadian seseorang dapat terbentuk melalui proses pembentukan yang bermula dari lingkungan keluarga, pendidikan dan lingkungan masyarakat sekitarnya. Oleh karena itu Pendidikan sangat lah penting oleh karena itu orang tua dan guru berupaya secara sadar untuk mendidik anak agar mampu mewujudkan kepribadian yang utama sesuai ajaran Islam. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman dalam memperoleh pendidikan yang dilakukan untuk membimbing siswa kearah yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif,artinya penelitian ini menggambarkan data yang diperoleh apa adanya secara sistematis dengan memilih guru dan siswa sebagai subjek penelitian terkait dengan pembentukan kepribadian siswa.penelitian ini menggunakan wawancara,observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data, pada saat wawancara, peneliti sudah melakukan analisi terhadap jawaban yang sudah diwawancarai dengan menggunakan data reduction, data display, dan conslusion drawing /verification dalam teknik analisis data. Peneliti juga melakukan keabsahan data agar hasil penelitian dapat dipercaya,untuk mengetahui keabsahan data juga menggunakan teknik yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 2 tipe kepribadian peserta didik yaitu Pertama tipe kepribadian sanguinis memiliki kepribadian yang periang, bersemangat, dapat membuat lingkungannya bergairah dan senang. Tetapi kepribadian ini cenderung bertindak sesuai emosinya atau keinginannya, dan tidak memiliki kemampuan untuk menghafal. Kedua tipe kepribadian korelis yaitu seseorang memiliki tipe yang berorientasi pada pekerjaan tugas,mempunyai disiplin kerja yang sangat tinggi,mampu melaksanakan tugas dengan setia dan bertanggung jawab. Tetapi seseorang yang memiliki yang kurang mampu merasakan perasaan orang lain dan kurang mampu untuk mengembangkan rasa kasihan pada orang. Kata Kunci : Upaya Guru,Pembentukan Kepribadian Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Aprilia, RaniUNSPECIFIED
Susilawati, SusilawatiUNSPECIFIED
Zulaiha, SitiUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:11
Last Modified: 13 Mar 2023 04:11
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2872

Actions (login required)

View Item View Item