Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas 2 Dalam Menyelesaikan Soal Cerita di SDN 10 Rejang Lebong

Hafifah, Lia Zauratul and Arbani, Wiwin and Septiana, Anisya (2022) Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas 2 Dalam Menyelesaikan Soal Cerita di SDN 10 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 2 DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DI SDN 10 REJANG LEBONG.pdf

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh kesulitan-kesulitan belajar matematika siswa kelas 2 dalam menyelesaikan soal cerita. Yang mana kesulitan belajar adalah ketidakmampuan seseorang dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Berdasarkan latar belakang tersebut maka tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui kesulitan-kesulitan apa saja yang dialami siswa kelas 2 dalam menyelesaikan soal cerita dan faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 10 Rejang Lebong sejak bulan Juli – September 2022 menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 6 orang siswa kelas 2 SD Negeri 10 Rejang Lebong. Dengan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes soal, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan belajar siswa kelas 2 dalam menyelesaikan soal cerita yaitu 1) siswa kesulitan menentukan rumus yang akan digunakan yang menunjukkan siswa kesulitan mentransfer pengetahuan, 2) siswa mengalami kelemahan dalam menghitung mengakibatkan siswa melakukan kesalahan-kesalahan dalam mengoprasikan angka secara benar, 3) siswa memiliki pemahaman bahasa matematika yang kurang sehingga siswa kesulitan dalam memahami maksud soal yang diberikan. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita yaitu 1) faktor internal yang berupa kesehatan siswa, minat belajar dan motivasi belajar siswa. 2) faktor internal yang berupa media pembelajaran, kondisi kelas saat, interaksi siswa dengan guru dan sebaliknya, dan cara mengajar guru.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Hafifah, Lia Zauratulliazauratulhafifah12@gmail.com
Arbani, Wiwinwiwinarbaniw@iaincurup.ac.id
Septiana, Anisyaanisyaseptiana@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 24 Feb 2023 07:53
Last Modified: 24 Feb 2023 07:53
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2858

Actions (login required)

View Item View Item