Upaya Guru Madrasah Ibtidaiyah Lubuk Kembang Dalam Membentuk Akhlak Pada Siswa

Alpitahati, Rapita and Susilawati, Susilawati and Siswanto, Siswanto (2022) Upaya Guru Madrasah Ibtidaiyah Lubuk Kembang Dalam Membentuk Akhlak Pada Siswa. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Rapita Alfatihati (2).pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang upaya guru dalam membentuk akhlak peserta didik. Yang menunjukkan bahwa peserta didik mempunyai akhlak kurang baik misalnya: ribut didalam kelas ketika proses pembelajaran berlangsung, perkelahian antara peserta didik, absen tanpa keterangan, berbicara yang tidak sopan, merusak fasilitas sekolah, dan kurangnya perhatian orang tua dalam mendidik anaknya, sehingga semua guru MIS GUPPI 12 Lubuk Kembang sangat diharapkan mampu dalam mengatasi masalah tersebut dengan melalui nasehat, adanya motivasi, dan melalui bimbingan. Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam membentuk akhlak peserta didik di MIS GUPPI 12 Lubuk Kembang. Serta Bagaimana akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah Lubuk Kembang Curup khususnya kelas IV dan V, Bagaimana upaya Guru MI Lubuk Kembang dalam membentuk akhlak siswanya, Apa saja faktor-faktor yang menjadi hambatan bagi guru kelas IV dan V dalam membentuk akhlak siswanya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang dibutuhkan adalah data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Reduksi Data, Data Display, Pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Teknik uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan metode triangulasi. Hasil dari penelitian ini bahwa upaya guru dalam membentuk akhlak peserta didik di MIS GUPPI 12 Lubuk Kembang. Pertama, keadaan akhlak peserta didik masih banyak siswa yang melakukan perilaku yang kurang baik dan melanggar peraturan tata tertib sekolah, seperti: berkelahi, berpakaian tidak rapi, ribut di kelas pada saat belajar, dan absen tanpa keterangan. Kedua, guru melakukan beberapa upaya dalam membentuk akhlak yaitu dengan adanya pemberian motivasi, adanya pemberian bimbingan, adanya latihan pembiasaan, melalui keteladanan dan melalui hukuman. Ketiga, setelah mengamati perilaku peserta didik ada beberapa faktor-faktor yang membuat perilaku siswa menjadi tidak patuh dan menjadi hambatan bagi seorang guru dalam membentuk akhlak siswanya yaitu faktor keluarga, faktor teman dan faktor masyarakat. Kata Kunci: Upaya Guru, Membentuk Akhlak Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Alpitahati, RapitaUNSPECIFIED
Susilawati, SusilawatiUNSPECIFIED
Siswanto, SiswantoUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:11
Last Modified: 13 Mar 2023 04:11
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2857

Actions (login required)

View Item View Item