Purwaningsih, Ratna and Arbaini Wahyuningsih, Wiwin and Arsil, Arsil (2022) Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas Xii Smk Negeri Tugumulyo. Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
ratna purwaningsih (2).pdf Download (3MB) |
Abstract
Pembelajaran dengan sistem sekolah menengah kejuruan adalah salah satu sistem pendidikan yang efektif untuk mendidik kecerdasan, keterampilan peserta didik. Kegiatan pembelajaran perlu dikembangkan dengan pemberian materi yang meliputi berbagai model pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran yang dipahami, maka dari itu penulis melakukan penelitian mengenai model pembelajaran yang berada diSMK Negeri Tugumulyo, guna menemukan dan memahami berbagai proses pembelajaran yang disampaikan oleh seorang pendidik. Model pembelajaran itu sendiri dapat diartikan dalam bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disampaikan oleh seorang guru. Dengan kata lain model pembelajaran adalah suatu yang mencakup dari penerapan pendekatan, metode, strategi dan teknik pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menemukan gambaran untuk mengetahui apa saja Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri Tugumulyo, Faktor pendukung yang membuat kelancaran belajar pendidikan agama islam dan faktor penghambat kelancaran pembelajaran pendidikan agama islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan sumber datanya adalah guru Pendidikan Agama Islam. Penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data yang terkait dengan tujuan penelitian. Setelah data terkumpul tahap selanjutnya adalah menganalisis data. Hasil penelitian menunjukan kesimpulan bahwa tenaga pendidik di SMK Negeri Tugumulyo dalam pembelajaran pendidikan agama islam menerapkan model pembelajaran yang bervariasi sesuai dengan materi pembelajaran yang akan disampaikan. Model pembelajaran tersebut diantarannya model pemebelajaran PBL atau sering disebut model pembelajaran problem based learning yang artinya pembelajaran berbasis masalah dan juga menggunakan model pembelajaran Berdiferensias yang artinya pembelajaran berfokuskan pada siswa untuk meningkatkan potensi belajar dan minat belajar siswa tersebut, Kemudian menggunakan model pembelajaran Berbasis Masalah. Dalam pembelajaran berlangsung ada juga beberapa faktor pendukung dalam pembelajaran dan faktor penghambat dalam pembelajaran. Faktor pendukung itu sendiri meliputi faktor pendidik, faktor peserta didik, minat belajar siswa tersebut, faktor sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambat penerapan model pembelajaran yaitu faktor sekolah dan faktor Lingkungan sekolah
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Mrs sulistyowati | ||||||||
Date Deposited: | 13 Mar 2023 04:11 | ||||||||
Last Modified: | 13 Mar 2023 04:11 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2854 |
Actions (login required)
View Item |