Pengaruh Media Audio Visual Berbasis Youtube Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI di SD Negeri 51 Rejang Lebong

Monika, Anik and Rahmi Nasution, Aida and Meldina, Tika (2022) Pengaruh Media Audio Visual Berbasis Youtube Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI di SD Negeri 51 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI ANIK MONIKA (NIM. 18591010) PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yang menggunakan media audio visual youtube pada materi Tematik kelas VI di SD Negeri 51 Rejang Lebong. Permasalahan yang terjadi yaitu dimana pada saat proses pembelajaran masih bersifat monoton yang mengakibatkan siswa merasa bosan dan tidak menyenangkan. Maka dari itu peneliti menerapkan pembelajaran menggunakan media audio visual youtube, media audio visual youtube adalah media yang berbentuk aplikasi yang terdapat beberapa video-video pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diinginkan. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan audio visual youtube dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, 2) Untuk mengetahui pengaruh media audio visual youtube terhadap hasil belajar siswa kelas VI di SD Negeri 51 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metodologi penelitian metode Pre-eksperimental Design dengan desain Intact group comparison. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 51 Rejang Lebong. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VI A sebanyak 38 siswa yang terdiri dari (19 siswa kelas A dan 19 siswa kelas B). Teknik pengambilan sampel yang dilakukan secara acak dan diberikan pretest untuk melihat apakah ada perbedaan keadaan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Berdasarkan pada hasil belajar siswa terdapat perbedaan hasil belajar dimana hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa kelas kontrol, hal tersebut didapatkan bukan hanya kebetulan namun karena adanya perbedaan pemberian perlakuan. Dapat dilihat guru hanya menggunakan metode pembelajaran konvensional saat pembelajaran berlangsung pada kelas. Sedangkan pada kelas eksperimen dimana diberikan perlakuan yaitu dengan menggunakan media audio visual youtube. 2) Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan menggunakan media audio visual youtube pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional yang biasa diterapkan pada kelas kontrol, rata-rata hasil post-test kelas eksperimen adalah 83,00, dan rata-rata hasil post-test kelas kontrol adalah 75,00. Berdasarkan hasil uji t independen, nilai sig (2tailed) adalah sebesar 0,00 sampai 0,05 yang sesuai dengan kriteria uji-t. Jika tanda dua sisi kurang dari 0,05 H_o akan ditolak dan H_a akan diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual berbasis youtube dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 51 Rejang Lebong.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Monika, Anikanikmonika57@gmail.com
Rahmi Nasution, AidaAidaRahminasution@iaincurup.ac.id
Meldina, Tikatikameldina@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 24 Feb 2023 07:50
Last Modified: 24 Feb 2023 07:50
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2852

Actions (login required)

View Item View Item