Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Perencanaan Karir Melalui Layanan Informasi Siswa Kelas X di Sma Negeri 2 Rejang Lebong

Maemunah, Maemunah and Azwar, Beni and Rizal, Syamsul (2022) Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Perencanaan Karir Melalui Layanan Informasi Siswa Kelas X di Sma Negeri 2 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI MAEMUNAH (18641017).pdf

Download (4MB)

Abstract

Perencanan karir merupakan kata yang sering diungkap oleh seseorang berkaitan dengan pekerjaan, karir merupakan suatu profesi yang harus diambil oleh seseorang agar bisa menciptakan kemandirian dalam pemilihan karir yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki sehingga dapat merencanakan karir (masa depan) dengan matang. Peran guru BK di SMA Negeri Rejang Lebong dalam perencanaan karir siswa tentunya sangat berperan, hal tersebut dibuktikan dari beberapa tanggap siswa berkaitan dengan layanan yang diberikan oleh guru pembimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Permasalahan karir yang dihadapi siswa kelas X di SMA Negeri 2 Rejang Lebong, 2) Pelaksanaan Layanan Informasi Karir di kelas X di SMA Negeri 2 Rejang Lebong, 3) Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam perencanaan karir siswa kelas X di SMA Negeri 2 Rejang Lebong. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer berupa wawancara dan sumber data sekunder berupa dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan diantaranya reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data penelitian menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Permasalahan karir yang dialami siswa diantaranya: a) kurangnya pengetahuan mengenai karir, b) kurangnya informasi mengenai perguruan tinggi, c) bingung dengan jenis karir yang dipilih. 2) Pelaksanaan layanan BK yang diberikan tidak terjadwal dalam memberikan layanan informasi kepada siswa, 3) Guru BK di SMA Negeri 2 Rejang Lebong sangat berperan dalam perencanaan karir siswa, guru BK berperan sebagai informator, motivator dan evaluator. Guru BK memberikan bimbingan, arahan serta membantu menempatkan siswa sesuai dengan kemampuan dan potensi yang dimiliki dengan bidang akademik yang ada disekolah, memberikan berbagai informasi akademik lainnya sehingga memberikan dorongan kepada siswa untuk mengembangkan potensi serta termotivasi dalam merencanakan karir yang lebih matang sehingga bisa mencapai apa yang diharapkan. Kata Kunci: Peran Guru BK, Perencanaan Karir, Layanan Informasi The Role Of Guidance and Counseling Teacher In Career Planning Through Information Services For Students Of Class X at SMA Negeri 2 Rejang Lebong Abstract Career planning is a word that is often expressed by someone related to work, career is a profession that must be taken by someone in order to create independence in choosing a career according to their abilities so that they can plan a career (future) carefully. The role of the counseling teacher at Rejang Lebong State Senior High School plays a very important role in student career planning, this is evidenced by several student responses related to the services provided by the supervising teacher. This study aims to find out: 1) Career problems faced by class X students at SMA Negeri 2 Rejang Lebong, 2) Implementation of Career Information Services in class X at SMA Negeri 2 Rejang Lebong, 3) Role of Guidance and Counseling Teachers in class student career planning X at SMA Negeri 2 Rejang Lebong. The type of research used in this research is descriptive qualitative. Sources of data in this study consisted of primary data sources in the form of interviews and secondary data sources in the form of documents. Data collection techniques used are interviews and documentation. Data analysis techniques used include data reduction, data presentation and drawing conclusions. The validity of the research data technique uses the triangulation method. The results showed that, 1) career problems experienced by students included: a) lack of knowledge about careers, b) lack of information about tertiary institutions, c) confusion about the type of career chosen. 2) Implementation of counseling services provided is not scheduled in providing information services to students, 3) Guidance teachers at SMA Negeri 2 Rejang Lebong play a very important role in student career planning, counseling teachers play the role of informants, motivators and evaluators. BK teachers provide guidance, direction and help place students according to their abilities and potential with the academic fields that exist in schools, provide various other academic information so as to encourage students to develop their potential and be motivated in planning a more mature career so they can achieve what they want expected. Keywords: The Role of the Counseling Teacher, Career Planning, Information Services

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Maemunah, Maemunahmaemunahcurup@gmail.com
Azwar, Benibeniazwar1967@gmail.com
Rizal, Syamsulsyamsulrizal529@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: akun9 akun9
Date Deposited: 24 Feb 2023 01:48
Last Modified: 24 Feb 2023 01:48
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2842

Actions (login required)

View Item View Item