Strategi Dosen Dalam Mengembangkan Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Di Program Studi Pendidikan Agama Islam

Anbia, Rejabil and Rini, Rini and Indrawari, Karliana (2022) Strategi Dosen Dalam Mengembangkan Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Di Program Studi Pendidikan Agama Islam. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Rejabil Anbia.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi dosen dalam mengembangkan pembelajaran berbasis Multiple Intelligences di program studi PAI, permasalahan pokok yang dikaji berpokus pada bagaimana strategi dosen mengembangkan Multiple Intelligences dalam pembelajaran ini hanya dipokuskan pada kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan dalam mengembangkan pembelajaran berbasis Multiple Intelligences pada kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal, serta faktor penghambat dan pendukung dosen dalam melaksanakan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Kualitatif Deskriptif, dengan sumber data yaitu sumber primer dan sumber sekunder, subjek penelitian dua orang dosen yang mengampuh mata kuliah Metodologi pengajaran PAI dan Sembilan orang mahasiswa dari setiap lokal di semester V, teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu: Reduksi data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display), Verifikasi Data (Data Verifikation). Teknik uji keabsahan data yaitu: Triangulasi Sumber dan Triangulasi Teknik. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pertama, strategi dosen dalam mengembangkan pembelajaran berbasis Multiple Intelligences pada kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal menggunakan dua strategi yaitu strategi ekspositori dan startegi inkuiri. Kemudian faktor pendukung strategi dosen metodologi pengajaran PAI adalah faktor lingkungan keluarga, lingkungan institusional, lingkungan masyarakat, adapun faktor penghambat strategi dosen metodologi pengajaran PAI dalam mengembangkan pembelajaran berbasis Multiple Intelligsences ialah kurangnya minat belajar mahasisiwa, terbatasnya internet pada saat pembelajaran online, kurangnya sarana dan prasarana, dan pengaruh lingkungan . Kata kunci: Strategi Dosen, Multiple Intelligences, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Anbia, RejabilUNSPECIFIED
Rini, RiniUNSPECIFIED
Indrawari, KarlianaUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 23 Feb 2023 04:35
Last Modified: 23 Feb 2023 04:35
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2838

Actions (login required)

View Item View Item