Analisis Metode Pembelajaran Role Playing Materi Pecahan Kelas III (SDIT Ummatan Wahidah)

cahyani dwi, mella and Arbaini, Wiwin and Rahmadeni, Fevi (2022) Analisis Metode Pembelajaran Role Playing Materi Pecahan Kelas III (SDIT Ummatan Wahidah). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh penerapan metode pembelajaran Role Playing pada materi pecahan kelas III SDIT Ummatan Wahidah Curup Tengah. Permasalahan yang sering terjadi dalam kegiatan pembelajaran, yang kurang inovatif serta minat siswa dalam pelajaran Matematika, maka seorang guru menggunakan metode pemnbelajaran dengan metode Role Playing, metode Role Playing dapat membantu meningkatkan minat belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran, dan membantu siswa memahami materi pelajaran serta membuat pembelajaran lebih bermakna. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran Role Playing materi pecahan di kelas III SDIT Ummatan Wahidah dan untuk mengetahui peningkatan pemahan siswa dalam materi pecahan dengan menggunakan metode Role Playing. Serta untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menerapkan metode pembelajaran Role Playing pada pelajaran matematika materi pecahan di kelas III SDIT Ummatan Wahidah. Jenis penelitian yang digunakan ini bersifat kualitatif, subjek penelitian ini yaitu, Kepala Sekolah, Guru kelas, serta siswa dan siswi SDIT Ummatan Wahidah. Sumber data yang diperoleh berasal dari data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi,dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, alat bantu dan kesimpulan serta uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik (metode) Hasil penelitian ini menunjukan kesimpulan bahwa pertama, Penerapan metode Role Playing pada pelajaran matematika materi pecahan kelas III SDIT Ummatan Wahidah sudah dijalankan dengan baik yang meliputi tahapan seperti perencanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Role Playing, langkah-langkah kegiatan belajar mengajar menggunakan metode Role Playing, persiapan dalam penerapan dalam metode Role Playing dalam materi pecahan. kedua, penggunaan metode Role Playing meningkatkan pemahaman terhadap materi pecahan di kelas III SDIT Ummatan Wahidah, meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan semangat siswa dalam belajar. Ketiga, faktor pendukung penerapan metode Role playing terdiri dari kurikulum, RPP, Pendidik, sarana dan prasarana serta lingkungan. Faktor penghambat metode pembelajaran Role playing yaitu minat, motivasi, kecerdasaan, sikap dan waktu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
cahyani dwi, mellamelladwicahyanii@gmail.com
Arbaini, Wiwinwiwinarbaini@iain.ac.id
Rahmadeni, Fevifevirahmadeni@iain.ac.id
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran, Role playing, pecahan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 23 Feb 2023 08:04
Last Modified: 23 Feb 2023 08:04
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2835

Actions (login required)

View Item View Item