Efektivitas Pembelajaran Tahsin Metode A‟Syarah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur‟An Ibu-Ibu Pengajian Yayasan Majlis Cahaya Qur‟An

Andriani, Reki and Kusen, Kusen and Nurjannah, Nurjannah (2022) Efektivitas Pembelajaran Tahsin Metode A‟Syarah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur‟An Ibu-Ibu Pengajian Yayasan Majlis Cahaya Qur‟An. Sarjana thesis, IAIN Curup.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh berkembangnya lembaga atau yayasan yang mengadakan program pembelajaran tahsin Al-Qur‟an untuk golongan ibu-ibu, salah satunya di yayasan Majelis Cahaya Qur‟an yang mengajarkan tahsin dengan menggunakan metode „Asyarah. Permasalahan yang sering terjadi adalah ibu-ibu yang belajar yang rentan usia mulai dari 30 tahun hingga 70 tahun masih banyak terbata-bata dalam membaca Al-Qur‟an dan masih salah dalam penyebutan di setiap hurufnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) Mengetahui bagaimana proses pembelajaran tahsin metode „Asyarah pada ibu-ibu pengajian di yayasan majlis cahaya Qur‟an di Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu, (2) Mengetahui bagaimana efektivitas pembelajaran tahsin metode asyarah pada ibu-ibu pengajian yayasan majlis cahaya Qur‟an Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu, (3) Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembelajaran tahsin metode „Asyarah Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu Penulis buku metode „Asyarah, ketua Yayasan Majelis Cahaya Qur‟an sekaligus pengajar tahsin metode „Asyarah, ibu-ibu pengajian yayasan Majelis Cahaya Qur‟an. Pengumpulan data melalui angket dan wawancara. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus presentase untuk data deskriptif kuantitatif dan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi untuk data kualitatif. Hasil penelitian ini memperoleh simpulan bahwa : 1). Metode tahsin dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an untuk ibu-ibu dinyatakan efektif dari sebaran angket yang berada pada presentase 78,85% dan metode „Asyarah dinyatakan efketif karena lebih simpel untuk digunakan ibu-ibu pemula yang belajar tahsin. 2) faktor pendukung dari pembelajaran tahsin dengan menggunakan metode „Asyarah berada pada presentase 93 % dengan faktor pendukung utamanya adalah semangat ibu-ibu yang ingin memperbaiki bacaan Al-Qur‟annya. Kemudian faktor penghambat pembelajaran tahsin dengan menggunakan metode „Asyarah berada pada presentase 47% dengan faktor penghambat utama mereka adalah sering salah dalam pengucapan huruf hijaiyah dan makharijul hurufnya. Kata kunci : efektifitas, metode „Asyarah, Kemampuan membaca Al-Qur‟an

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Andriani, RekiUNSPECIFIED
Kusen, KusenUNSPECIFIED
Nurjannah, Nurjannahnurjannah@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 23 Feb 2023 04:35
Last Modified: 23 Feb 2023 04:35
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2820

Actions (login required)

View Item View Item