Isnaini, Nur (2019) Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial Remaja Dikelurahan Air Duku. Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KARAKTER PEDULI SOSIAL REMAJA DIKELURAHAN AIR DUKU.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial Remaja Di Kelurahan Air Duku, Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah IAIN Curup 2019. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberhasilan orang tua dalam menanamkan nilai-nilai karakter peduli sosial pada remaja di Kelurahan Air Duku melalui pola asuh. Pembiasaan sikap dan prilaku sehari-hari yang diajarkan orang tua lambat laun akan membentuk suatu karakter pada diri anak yang dapat terbawa ke lingkungan sekolah dan masyarakat. Untuk itu orang tua perlu memilih pola asuh yang tepat serta yang lebih dominan dalam membentuk karakter peduli sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap peduli sosial remja di Air Duku, pola asuh orang tua dalam membentuk karakter peduli sosial, dan kendala yang dihadapi orang tua dalam membentuk karakter peduli sosial. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field Research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Tekhnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisa data mengunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi serta uji kredibilitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa Sikap peduli sosial yang ada di Kelurahan Air Duku baik antara lain sikap peduli yang mereka miliki menghormati orang lain, saling tolong-menolong, sopan santun, peka peduli, gotong royong dan lainnya. Sedangkan pola asuh orang tua dalam membentuk karakter peduli sosial di Air Duku mayoritas orang tua menerapkan 2 pola asuh antara lain pola asuh demokratis dan pola asuh otoriter. Kendala yang dihadapi orang tua dalam membentuk Karakter Peduli Sosial remaja di Kelurahan Air Duku adalah :kendala Internal 1) Komunikasi keluarga, 2) Kesibukan keluarga, 3) Wawasan akan norma yang ada dilingkungan sekitar sehingga terkadang kurang terkontrol 4) Ketidaktahuan akan norma yang ada dapat menjadi kendala bagi keluarga dalam membimbing anak. Sedangkan faktor Kendala Ekstern adalah 1) Pengaruh teman pergaulan, 2) Tetangga sekitar rumah, 3) Media informasi/teknologi yakni adanya handphone pintar serta permain digital sehingga mampu menghambat perkembangan anak untuk berperilaku sosial dengan baik
Item Type: | Thesis (Sarjana) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh Orang Tua; Karakter Peduli Sosial | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Users 4 not found. | |||||||||
Date Deposited: | 25 Oct 2019 04:18 | |||||||||
Last Modified: | 25 Oct 2019 04:18 | |||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/282 |
Actions (login required)
View Item |