Analisis Pemahaman dan Minat Masyarakat Terhadap Prospek Penggunaan Produk Bank Syariah

Haryadi, Rendi and Istan, Muhammad and Fitmawati, Fitmawati (2022) Analisis Pemahaman dan Minat Masyarakat Terhadap Prospek Penggunaan Produk Bank Syariah. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Rendi Haryadi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan lembaga keuangan berkembang dengan pesat terbukti dengan banyak berdiri lembaga-lembaga keuangan dari berskala mikro maupun makro. Perbankan di Indonesia sampai sat ini, masih menjadi sarana utama bagi masyarakat pada umumya, untuk membantu kegiatan – kegiatan ekonomi serta berbagai hal lainnya yang menyangkut tentang keuangan. Baik itu dalam hal menabung, meminjam dana, menerima simpanan giro, deposito dan lain-lain. wawancara yang dilakukan peneliti di Desa Ujung Tanjung II masih ada masyarakat yang benar-benar tidak mengetahui bank syariah, dan ada juga masyarakat yang sangat mendukung adanya bank syariah di daerah tersebut jadi sangat jelas bahwa sosialisasi dan promosi yang dilakukan bank syariah terhadap masyarakat sehingga ada masyarakat yang tidak mengetahui dan tidak paham mengenai bank syariah. Akan tetapi masyarakat sangat berharap akan adanya bank tersebut untuk membantu masyarakat dalam mencari modal dan untuk menghindari riba. Jenis penelitian untuk skripsi ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif karena ingin menggunakan perhitungan statistik dengan menyebar kuesioner dengan skala pengukuran likert serta menganalisis, kekuatan dan kelemahan, peluang dan ancaman prospek penggunaan produk bank syariah didesa Ujung Tanjung II, Kecamatan Lebong Sakti, Kabupaten Lebong. Populasi dalam penelitian ini ialah masyarakat desa Ujung Tanjung II yang memiliki pekerjaan atau penghasilan tetap yang berjumlah 734 jiwa, maka menurut tabel isaac dan michael dibulatkan menjadi 750 jiwa dari sampel atas populasi tersebut yang di dapat adalah 199 jiwa. Berdasarkan hasil analisis SWOT untuk nilai faktor internal Strenght memiliki rata-rata 3,0 dan nilai Weaknesses memiliki rata-rata 2,0 dan berselisih 1,0. Sedangkan faktor eksternal yaitu Opportunities memiliki rata-rata 3,84 dan nilai Threats memiliki rata-rata 2,25 dan berselisih 1,59. Analisis tersebut menyatakan bahwa prospek penggunaan produk bank syariah berada pada posisi kuadran 1 (positif, positif) yang mana menunjukan bahwa perusahaan memiliki kekuatan dari faktor internalnya dan memiliki peluang yang bagus dari faktor eksternalnya. Rekomendasi yang diberikan adalah agresif, artinya bank syariah dalam kondisi yang sangat menguntungkan sehingga dapat dimungkinkan untuk terus melakukan ekspansi serta meraih kemajuan secara maksimal Kata kunci: Pemahaman, Minat, Prospek, Produk Bank Syariah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Haryadi, RendiUNSPECIFIED
Istan, MuhammadMuhammadistan@iaincurup.ac.id
Fitmawati, Fitmawatifitmawati@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 23 Feb 2023 04:35
Last Modified: 23 Feb 2023 04:35
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2817

Actions (login required)

View Item View Item