Marlinda, Resi and Karolina, Asri and Indrawari, Karliana (2022) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Karakter Siswa Di Smp N 17 Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
Resi Marlinda(1).pdf Download (2MB) |
Abstract
Karakter merupakan sifat, tabiat atau watak yang telah dimiliki seseorang sejak lahir dan merupakan sesuatu yang membedakan setiap individu. Di sekolah guru Pendidikan Agama Islam tidak hanya dituntut dalam mengajar tetapi harus mampu membina karakter peserta didiknya. Guru mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) berkewajiban untuk membina karakter di kalangan siswa. Karena ini dilaksanakan dengan langkah-langkah seperti guru berperan memilih model atau metode pembelajaran, guru melibatkan orang tua siswa, guru menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, guru juga harus memfalisitasi peserta didik dengan sikap dan perilaku yang berkarakter, guru memahami karakteristik peserta didiknya, dan guru harus menjadi model atau teladan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter siswa, peran guru PAI dalam membina karakter, dan faktor pendukung serta faktor penghambat yang dihadapi guru PAI dalam membina karakter siswa di SMP N 17 Lebong. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data, triangulasi data terbagi menjadi dua tahap yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama guru telah melaksanakan peran guru PAI dalam membina karakter siswa di SMP N 17 Lebong, yaitu: guru memilih model atau metode pembelajaran, guru melibatkan orang tua siswa, guru menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, guru memfalisitasi peserta didik dengan sikap dan perilaku yang berkarakter, guru memahami karakteristik peserta didiknya, dan guru menjadi model atau teladan. Kedua siswa di SMP N 17 Lebong ini telah memiliki karakter, yaitu: sikap jujur, tanggung jawab, disiplin, visioner, adil, peduli, dan kerja sama. Ketiga faktor-faktor yang mempengaruhi guru PAI dalam membina karakter siswa di SMP N 17 Lebong, di antaranya yaitu: a. Faktor pendukung: 1) Faktor hereditas; 2) Faktor kepribadian; 3) Faktor keluarga; 4) Faktor pendidik/guru dan lingkungan sekolah; 5) Faktor lingkungan. b. Faktor penghambat: 1) Faktor keterbatasan waktu; 2) Faktor kesibukan dan sikap orang tua; 3) Faktor lingkungan; 4) Faktor media massa. Kata kunci: Karakter Siswa, Peran Guru PAI
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Mrs sulistyowati | ||||||||
Date Deposited: | 23 Feb 2023 04:35 | ||||||||
Last Modified: | 23 Feb 2023 04:35 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2812 |
Actions (login required)
View Item |