Strategi Pemasaran Produk Cicil Emas Bank Syariah Indonesia

Hernita, Resmi and Noprizal, Noprizal and Syaputra, Ahmad Danu (2022) Strategi Pemasaran Produk Cicil Emas Bank Syariah Indonesia. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Resmi Hernita.pdf

Download (4MB)

Abstract

BSI Cicil Emas merupakan produk pembiayaan untuk nasabah guna membantu nasabah dalam pembelian emas dengan cara dicicil, emas yang digunakan berupa lantakan emas batangan dan logam mulia antam, dengan uang muka awal sebesar 20% dan 80% dengan cara dicicil. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk cicil emas dan kendala yang dihadapi dalam pemasaran produk cicil emas di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Curup. Metode penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data skunder yang didapatkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, buku, jurnal, skripsi, artikel, dan berbagai sumber lainnya. Data yang didapatkan berdasarkan wawancara dengan pawning appraisal Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Curup. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, strategi pemasaran produk cicil emas bank syariah indonesia kantor cabang curup dalam memasarkan produk cicil emas menggunakan marketing mix (bauran pemasaran) 7P yaitu, product (produk), price (harga), promotion (promosi), place (tempat), people (orang), process (proses) dan Physicial evidence (bukti fisik). Akan tetapi dari ketujuh marketing mix tersebut metode yang paling ditonjolkan adalah metode price (harga), people (orang), dan promotion (promosi), karena harga yang relatif lebih murah, cara jual pegawai yang berkualitas dan media promosi yang digunakan tepat. Walaupun strategi harga, orang dan promosi yang paling menonjol namun ketujuh strategi tersebut tetap saling mendukung agar strategi pemasaran semakin membaik dan mengalami peningkatan jumlah nasabah. Kedua kendala-kendala yang dihadapi bank syariah indonesia kantor cabang curup dalam memasarkan produk cicil emas masih kurangnya minat nasabah untuk melakukan pembiayaan cicil emas. Solusinya adalah adanya sosialisasi promosi dari pihak BSI KC Curup secara terus menerus agar minat nasabah meningkat untuk melakukan pembiayaan cicil emas. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Produk Cicil Emas, Bank Syariah Indonesia

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Hernita, ResmiUNSPECIFIED
Noprizal, NoprizalUNSPECIFIED
Syaputra, Ahmad DanuUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 23 Feb 2023 04:35
Last Modified: 23 Feb 2023 04:35
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2811

Actions (login required)

View Item View Item