Manajemen Pelayanan Calon Jamaah Haji Di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong

Wahyuni, Resti and Amin, Muhammad and Sahib, Abdul (2022) Manajemen Pelayanan Calon Jamaah Haji Di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Resti Wahyuni.pdf

Download (1MB)

Abstract

Manajemen diartikan sebagai cara mengelola suatu perusahaan besar. Pengelolaan atau pengaturan dilaksanakan oleh seorang manajer (pengatur/pemimpin) berdasarkan urutan manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan utuk mencapai suatu tujuan dari organisasi dengan cara memanfaatkan sumber daya yang ada secara efektif dan efisien. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui manajemen administrasi di kantor Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong dalam memberikan pelayanan kepada calon jamaah haji, faktor pendukung dan penghambat manajemen administrasi di kantor Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong dalam memberikan pelayanan kepada calon jamaah haji. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, subjek penelitian ini adalah Kepala Kementerian Agama, Kasi Penyelengara Haji dan Umroh serta Staff Kasi Penyelengara Haji dan Umroh Kementerian Agama Rejang Lebong, Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis data yaitu Analisis sebelum di lapangan, Analisis data lapangan (Data Reduction, Data Display, Conclusion Drawing), Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian kualitatif meliputi uji kredibilitas data penelitian dilakukan dengan cara triangulasi Hasil penelitian Manajemen administrasi dalam memberikan pelayanan kepada calon jamaah haji di kantor Kementerian Kabupaten Rejang Lebong Manajemen perencanaan,Manajemen pengorganisasi, Manajemen pelaksanaan. Manajemen pengawasan dari sedangkan Faktor pendukung manajemen administrasi di kantor Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong dalam memberikan pelayanan kepada calon jamaah haji ketersediaan sarana dan prasarana, Sistem Komputerisasi Haji Terpadu serta komunikasi yang baik antar staff pelayanan haji dan umrah, Kasi penyelengara haji dan umrah serta kepala Kementerian Agama Rejang Lebong sedangkan faktor penghambat manajemen administrasi pelayanan haji bagi calon jamaah haji banyak lanjut usia sehingga kurang memahami proses bimbingan haji karena faktor lanjut usia, sehingga mempengaruhi tingkat pemahaman tentang materi bimbingan haji yang diberikan tingkat kualitas akademik masyarakat Kabupaten Rejang Lebong yang menengah kebawah sehingga dalam melayani jamaah diperlukan penjelasan yang ekstra, sederhana, jelas dan mudah dipahami dalam menerangkan proses pelayanan haji. Kata Kunci: Manajemen, Kepala Kementerian Agama

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Wahyuni, RestiUNSPECIFIED
Amin, MuhammadUNSPECIFIED
Sahib, Abdulabdulsahib@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 23 Feb 2023 04:34
Last Modified: 23 Feb 2023 04:34
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2810

Actions (login required)

View Item View Item