Puspitasari, Revika and Baryanto, Baryanto and Syahindra, Wandi (2022) Implementasi Pembelajaran Aktif Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Budi Pekerti di SDIT Ummatan Wahidah. Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
Revika Puspitasari.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dalam pembelajaran dalam implementasi pembelajaran aktif model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar, merupakan proses pembelajaran yang harus menciptakan kegiatan belajar yang aktif dalam proses pembelajaran dengan menggunakan langkah-langkah sesuai dengan teori yang ada serta faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan implementasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif ini data yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka melainkan data tersebut berasal dari kata�kata dan dokumen-dokumen yang menunjang, Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) ). Subyek penelitian adalah Kepala Sekolah SDIT Ummatan Wahidah, Wakil Kepala Sekolah SDIT Ummatan Wahidah, Guru Pendidikan Agama Islam di SDIT Ummatan Wahidah, Siswa- Siswi SDIT Ummatan Wahidah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan di SDIT Ummatan Wahidah adalah proses dalam menerapkan langkah-langkah pembelajaran aktif model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) ini mampu membangun keaktifan dan kemampuan siswa dalam belajar, memberikan banyak kesempatan bagi siswa dan guru untuk mengeksplore topik-topik pelajaran secara lebih mendalam memberi keleluasaan dalam kegiatan belajar dalam menggunakan salah satu tipe model pembelajaran kooperatif yakni tipe teams games tournament (TGT) serta mampu meningkatkan prestasi belajar siswa baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Dalam kegiatan ini guru pendidikan agama islam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran pendidikan agama islam terbagi menjadi dua yaitu (1) Pembinaan karakter siswa (2) Pembinaan Keagamaan. Faktor�faktor pendukung aktif kreatif dan menyenangkan sarana prasarana sudah memadai untuk pembelajaran. Faktor penghambat yaitu alokasi waktu pembelajaran waktu yang terbatas menghadapi siswa/siswi yang ketidak kesiapan siswa belajar, merasa jenuh. Sehingga guru harus lebih agar dapat meningkatkan hasil belajar yang optimal. Kata kunci : Upaya guru PAI pembelajaran aktif kreatif dan menyenangkan
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Mrs sulistyowati | ||||||||
Date Deposited: | 23 Feb 2023 04:34 | ||||||||
Last Modified: | 23 Feb 2023 04:34 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2804 |
Actions (login required)
View Item |