PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN TOLERANSI BERAGAMA DI SMP NEGERI 1 KEPAHIANG

Handayani, Aris and Cikdin, Cikdin and Yanuarti, Eka (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN TOLERANSI BERAGAMA DI SMP NEGERI 1 KEPAHIANG. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN TOLERANSI BERAGAMA DI SMP NEGERI 1 KEPAHIANG.pdf

Download (2MB)

Abstract

Peran Guru adalah sebagai contoh suri tauladan yang baik bagi peserta didiknya. Dimana seorang guru di tuntut agar bisa memberikan dorongan kepada peserta didik agar peserta didik menjadi lebih baik lagi. Di SMP Negeri 1 Kepahiang adalah salah satu lembaga pendidikan formal swasta yang didalamnya terdapat perbedaan dari segi ekonomi, sosial, dan perbedaan keyakinan. SMP Negeri 1 Kepahiang ini ialah salah satu sekolah yang menerima perbedaan keyakinan didalamnya, hal ini dilihat dari terdapatnya perbedaan keyakinan di SMP Negeri 1 Kepahiang ini. SMP Negeri 1 Kepahiang ini yang mementingkan kenyamanan siswa dalam belajar dimana sekolah memfasilitasi kebutuhan belajar siswanya di sekolah. Pertanyaan penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana peran guru pendidikan agama islam dalam menerapkan pendidikan toleransi beragama di SMP Negeri 1 kepahiang ? 2. Apa saja faktor pendukung dan penghambat peran guru pendidikan agama islam dalam menerapkan pendidikan toleransi beragama di SMP Negeri 1 kepahiang ? Tujuan penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana peran guru pendidikan agama islam dalam menerapkan pendidikan toleransi beragama SMP Negeri 1 kepahiang ? 2. Apa saja faktor pendukung dan penghambat peran guru pendidikan agama islam dalam menerapkan pendidikan toleransi beragama di SMP Negeri 1 kepahiang ? Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan deskriftif kualitatif. Dalam penelitian ini subjek penelitian adalah gurupendidikan agama Islam dan peserta didik kelas IX, data ini menggunakan cara purpose sampling atau secara acak. Sumber data, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis datanya menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), verifikasi data (data verification). Dengan sumber data yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Teknik uji keabsahan data yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Guru PAI dalam Menerapkan Pendidikan toleransi beragama di SMP Negeri 1 Kepahiang sudah baik. dapat dilihat dari beberapa perannya sebagai berikut: (a) Memupuk Budaya Toleransi, (b) Menanamkan Sikap No Rasis, (c) Morning Meeting (Pembiasaan), dan (d) Memberi Perlakuan sama Terhadap Perbedaan Kemampuan dan Gender. Selain itu, penulis mengidentifikasi beberapa faktor yang mendukung Guru PAI ketika menjalankan tugasnya sebagai pendidik, pengajar, pembimbing dan pelatih dalam menerapkan pendidikan multikultural yaitu: (a) Fasilitas Ruang Ibadah, (b) Guru dari Berbagai Agama, (c) Buku Pendukung, (d)Kultur Warga Sekolah SMP Negeri 1 Kepahiang. Sedangkan faktor yang menghambat Guru PAI dalam menjalankan pendidikan multikultural adalah sebagai berikut: (a) Kepribadian Guru, (b) Anak yang terlalu nyaman dengan kultur sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Handayani, Arisarishandayani34@gmail.com
Cikdin, Cikdincikdinnnn12@gmail.com
Yanuarti, Ekaekayanuarti@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 23 Feb 2023 04:35
Last Modified: 23 Feb 2023 04:35
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2788

Actions (login required)

View Item View Item