Pola Interaksi Guru Dengan Siswa Dalam Proses Pembelajaran IPA Kelas IV di SD Negeri 16 Bermani Ilir

Sulesri, Sulesri and Mucktar, Wahyudi Edi and Putri, Palupi Dini (2022) Pola Interaksi Guru Dengan Siswa Dalam Proses Pembelajaran IPA Kelas IV di SD Negeri 16 Bermani Ilir. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang Penelitian ini adalah faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran yang kurang efektif. Disini peneliti ingin menggali lebih dalam lagi untuk penggunakan pola interaksi apa saja yang dilakukan oleh guru IPA tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja pola interaksi guru siswa dalam proses pembelajaran IPA di SD Negeri 16 Bermani Ilir, Bagaimana implementasi proses interaksi pembelajaran IPA di SD negeri 16 Bermani Ilir dan bagaimana faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran IPA di SD Negeri 16 Bermani Ilir. Karena penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, maka kehadiran peneliti di lapangan sangat penting. Sembilan siswa dan dua guru menjadi subjek penelitian. Peneliti berpartisipasi aktif dalam penelitian dan bertindak langsung sebagai instrumen pengumpulan data dari mendalam observasi. Informan memberikan data berupa kata-kata, sedangkan dokumen tambahan memberikan data tambahan. Setelah mengkaji data yang ada, analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Langkah terakhir dalam analisis data adalah memverifikasi keabsahannya. data menggunakan metode kredibilitas (kepercayaan), seperti: Partisipasi harus diperluas, dan pengamatan triangulasi harus tetap ada. Berikut temuan penelitian yang peneliti temukan: Guru IPA memulai dengan mendeskripsikan interaksi pola interaksi satu arah dengan metode ceramah, pola interaksi dua arah dengan metode tanya jawab, dan pola interaksi multi arah dengan metode diskusi yang dimanfaatkan dalam proses pembelajaran IPA. Kedua, pemanfaatan pola interaksi ceramah untuk mengimplementasikan pola interaksi proses pembelajaran IPA, yang meliputi interaksi pasif guru-siswa, interaksi tanya jawab pasif guru-siswa, dan interaksi diskusi pasif guru-siswa dengan siswa pasif. suatu yang mempengaruhi proses interaksi dalam proses pembelajaran IPA di SD Negeri 16 Bermani Ilir yaitu keterlibatan pasif siswa, media pembelajaran, pujian dan penghargaan, dan pengelolaan kelas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sulesri, Sulesrisulesrikph@gmail.com
Mucktar, Wahyudi EdiUNSPECIFIED
Putri, Palupi DiniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun9
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:52
Last Modified: 21 Feb 2023 09:01
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2773

Actions (login required)

View Item View Item